Jawa Pos

Rio Tambah Kekuatan Trek

-

JAKARTA – PB ISSI mengeluark­an keputusan yang cukup berani. Yakni, menempatka­n Rio Akbar, salah seorang rider BMX pelatnas, untuk tampil di nomor trek pada Asian Games 2018 mendatang. Pilihan tersebut muncul agar tenaga Rio bisa dimaksimal­kan. Sebab, dia tersisih dari persaingan skuad BMX putra Indonesia dan hanya disiapkan sebagai rider cadangan.

Itu dilakukan setelah tim pelatih menempatka­n I Gusti Bagus Saputra dan Tony Syarifudin sebagai skuad utama di nomor BMX. Dadang Harries Purnomo, pelatih kepala balap sepeda pelatnas, menerangka­n bahwa keputusan tersebut sudah dipikirkan secara matang. ’’Sejak awal, Rio masuk long list. Melihat potensi dia, sayang kalau cuma menjadi cadangan,’’ tutur Dadang kemarin.

Yang menjadi masalah, BMX dan trek jelas sangat berbeda dari segi teknis. Salah satu yang paling dasar adalah sirkuit yang digunakan. Namun, satu poin positif yang menjadi andalan Rio adalah daya ledaknya sebagai rider BMX bermanfaat saat tampil di nomor trek.

Rio jelas butuh beradaptas­i untuk terjun di nomor barunya itu. Rencananya, dia turun di nomor team sprint putra. Opsi pembalap yang akan menjadi partner dia adalah Ahmad Aditya dan Puguh Admadi. ’’Kalau melihat potensi Rio, dia rencana kami tempatkan sebagai pembalap pertama,’’ terang Nurochman, pelatih nomor trek pelatnas.

Dalam sisa waktu yang ada, Nurochman menitikber­atkan persiapan Rio di sisi penguasaan trek Jakarta Internatio­nal Velodrome di Rawamangun. ’’Ini penting karena dasar Rio memang bukan atlet trek,’’ terangnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MERAH PUTIHKU: Pebasket Arki Wisnu memberi hormat pada bendera dalam pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 di Istora Senayan kemarin (5/8).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MERAH PUTIHKU: Pebasket Arki Wisnu memberi hormat pada bendera dalam pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 di Istora Senayan kemarin (5/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia