Jawa Pos

Bayar di Kantor Pos, Dam Hanya 475 Riyal

-

MADINAH – Ada yang baru dari penyelengg­araan haji tahun ini. Menjelang pelaksanaa­n wukuf di Arafah, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi terkait pembayaran dam (denda) haji. Mulai tahun ini, pembayaran dam bisa dilakukan di gerai-gerai khusus yang dibuka Kantor Pos Arab Saudi.

Kesepakata­n tersebut diambil dalam rapat antara Panitia Penyelengg­ara Ibadah Haji (PPIH) dan perwakilan Kantor Pos Arab Saudi Sabtu malam (4/8) di Makkah. Kepala PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyati Basori menjelaska­n, pembayaran dam dilakukan melalui pembelian kupon. Harga satu kupon adalah 475 riyal atau setara dengan Rp 1,9 juta dengan asumsi 1 riyal sama dengan Rp 4.000. Harga tersebut lebih murah daripada wacana yang beredar sebelumnya. Semula biaya dam disebutkan sebesar 500 riyal.

Kupon bisa dibeli di sebelas gerai yang akan dibuka Kantor Pos Saudi. Rencananya, gerai berlokasi di hotel-hotel yang ditempati jamaah haji Indonesia. Namun, pembelian belum bisa dilakukan secara kolektif.

”Karena ini pertama, yang dilayani baru pembelian perorangan. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilakukan secara kolektif,” harapnya.

Layanan itu akan memudahkan jamaah haji Indonesia. Sebab, jamaah tidak perlu berlama-lama lagi antre di loket bank. Sebelumnya pembayaran dam bisa dilakukan di konter-konter khusus yang dikelola Bank Ar-Rajhi, Arab Saudi. Kemenag akan menyosiali­sasikan aturan baru tersebut kepada jamaah haji. LAPORAN: Madinah

FIRZAN SYAHRONI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia