Jawa Pos

Jatim Tujuan Penting Investasi Australia

Bishop Buka Kantor Konsulat Jenderal di Surabaya

-

SURABAYA – Bagi Australia, Jawa Timur adalah wilayah istimewa. Negeri yang terkenal dengan kangurunya itu sudah lama menjalin kerja sama. Baik itu di bidang pendidikan, perdaganga­n, pariwisata, keamanan, penanggula­ngan terorisme, maupun berbagai bidang lainnya. Hal tersebut diungkapka­n Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop saat membuka kantor Konsulat Jenderal Australia di Surabaya kemarin (5/8).

”Konsulat jenderal kami di Surabaya akan fokus pada peningkata­n peluang perdaganga­n dan pengembang­an ekonomi di Jawa Timur,” ujar Bishop. Kantor konsulat jenderal itu adalah pos diplomatik keempat setelah Jakarta, Bali, dan Makassar.

Dia didampingi Konjen Australia di Surabaya Chris Barnes dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Bishop bertemu dengan dua gubernur Jatim. Soekarwo hadir pada seremoni peresmian di ESA Sampoerna. Sementara itu, gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa datang di gala lunch Hotel Majapahit.

Bishop menjelaska­n bahwa Jawa Timur, khususnya Surabaya, merupakan tujuan penting investasi dan perdaganga­n Australia di Indonesia. Demi- kian halnya dengan bidang lain seperti kerja sama bidang keamanan, pendidikan, dan pariwisata. Pemerintah Australia juga terus berbagi informasi intelijen dengan Indonesia.

Khofifah menjelaska­n, pertemuann­ya dengan Bishop membahas program promoting rural income through support for markets in agricultur­e (Prisma). Itu adalah program kerja sama pemerintah Indonesia dan Australia. ”Ini kok nyambung dengan apa yang saya kampanyeka­n selama ini, yaitu petik, olah, kemas, jual,” kata Khofifah. Program tersebut bakal menguntung­kan petani. Sebab, mereka bisa menjual produknya yang sudah dikemas dengan harga yang lebih mahal.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? PELUANG KERJA SAMA: Dari kiri, Emil Dardak, Khofifah Indar Parawansa, Chris Barnes, dan Julie Bishop di Hotel Majapahit, Surabaya, kemarin. Sebelumnya, Bishop bertemu Soekarwo.
GHOFUUR EKA/JAWA POS PELUANG KERJA SAMA: Dari kiri, Emil Dardak, Khofifah Indar Parawansa, Chris Barnes, dan Julie Bishop di Hotel Majapahit, Surabaya, kemarin. Sebelumnya, Bishop bertemu Soekarwo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia