Jawa Pos

Perbaikan E-Wadul Rampung Agustus

Pemkot Janjikan Respons Lebih Cepat

-

SURABAYA – Akhir Mei, sejatinya pemkot meluncurka­n versi baru aplikasi e-wadul. Aplikasi pengaduan itu akan dibuat terintegra­si dengan kanal aduan lainnya di Surabaya. Namun, peluncuran tersebut terus mundur karena perbaikan. Kini aplikasi itu ditargetka­n rampung akhir Agustus.

Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) yang merancang website tersebut membutuhka­n waktu cukup lama untuk penyesuaia­n sistem yang digunakan. Aplikasi e-wadul dibuat sejak 2016 untuk menampung aduan warga Surabaya. Terutama terkait layanan dan fasilitas publik. Misalnya, saluran buntu atau pengurusan berkas kependuduk­an yang memakan waktu lama.

Meski sudah berjalan dua tahun, aplikasi tersebut belum terintegra­si dengan kanal aduan lainnya. Kanal yang paling sering digunakan warga justru layanan Command Center 112 yang juga dibuat diskominfo. Warga juga masih sering menggunaka­n media sosial karena belum familier dengan kanal aduan kreasi pemkot.

Proses pembaruan terus dilakukan. Kepala Diskominfo Agus Imam Sonhaji menuturkan, proses cukup lama lantaran adanya penyesuaia­n sistem dengan kanal aduan yang lain. ”Iya, ini lama karena ada alat yang perlu dikoneksik­an sebagai bagian dari sistem yang dimaksud,” jelas mantan kepala bappeko itu.

Selain harus menyesuaik­an dengan CC 112, e-wadul rencananya terhubung langsung ke dinas-dinas. Dengan demikian, laporan warga bisa langsung ditindakla­njuti oleh dinas terkait sesuai satuan tugas (satgas) masing-masing. Penanganan aduan juga lebih cepat.

Aplikasi e-wadul untuk sementara hanya bisa diakses oleh warga Surabaya dengan memasukkan nomor induk kependuduk­an (NIK). Dalam aplikasi tersebut, warga bisa menyampaik­an laporan beserta unggahan bukti laporan. Misalnya, foto jalan berlubang atau surat keterangan berkas kependuduk­an yang belum selesai.

 ?? HANUNG HAMBARA / JAWA POS ?? JALUR CEPAT: Pemkot sedang memperbaik­i saluran e-wadul.
HANUNG HAMBARA / JAWA POS JALUR CEPAT: Pemkot sedang memperbaik­i saluran e-wadul.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia