Jawa Pos

Rekam E-KTP Bisa di Rumah

-

SURABAYA – Inovasi pelayanan KTP elektronik (e-KTP) kembali diciptakan dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil). Layanan baru itu bernama jemput bola (jebol) e-KTP.

Sesuai namanya, layanan jebol e-KTP bakal dilangsung­kan di rumah warga Surabaya. Layanan tersebut ditujukan bagi warga yang tidak bisa datang melakukan perekaman e-KTP di kantor dispendukc­apil Siola maupun di kecamatan terdekat. ’’Program jebol e-KTP berlaku khusus bagi warga Surabaya yang tidak bisa melakukan perekaman data,’’ tutur Kepala Dispendukc­apil Surabaya Suharto Wardoyo. Program itu terutama ditujukan bagi warga yang sakit dan lansia.

Proses perekaman e-KTP di rumah itu bakal dilakukan persis seperti pelayanan dispendukc­apil. Warga akan difoto, perekaman 10 sidik jari, iris mata, hingga tanda tangan. Komplet. Prosesnya bisa dilaksanak­an di mana pun. Bahkan ketika warga hanya bisa berbaring di ranjang.

Ide jebol e-KTP muncul setelah banyak laporan warga mengenai kondisi keluargany­a yang tidak bisa melakukan perekaman. ’’Akhirnya kami buat program ini,’’ jelas Anang, sapaan akrab Suharto Wardoyo.

Cara untuk mendaftark­an e-KTP keluarga yang sakit dan lansia cukup mudah. Keluarga tinggal menyetorka­n data pemohon yang tidak bisa hadir ke kecamatan atau kelurahan setempat. Syaratnya membawa fotokopi KK dan foto kondisi keluarga. Syarat itu bakal dikirim petugas kelurahan ke dispendukc­apil.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JEMPUT BOLA: Petugas sedang melakukan perekaman e-KTP terhadap warga yang menjalani rawat inap di RS Soewandhie.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JEMPUT BOLA: Petugas sedang melakukan perekaman e-KTP terhadap warga yang menjalani rawat inap di RS Soewandhie.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia