Jawa Pos

Ketika Anak-Anak Penasaran Popcorn

-

SURABAYA – Belasan bocah berteriak-teriak saat butiran-butiran jagung kering berubah menjadi

popcorn. Meski sudah ada baskom besar yang siap menampung keluarnya jagung yang sudah berubah itu, tetap saja sesekali

popcorn-popcorn yang masih panas tersebut terbang ke sana-kemari. Bocah-bocah itu pun melihatnya dengan kegirangan.

”Eh.. eh.. awas-awas,” teriak bocahbocah tersebut bersahut-sahutan sambil menghindar­i popcorn

yang beterbanga­n. Kids activities

siang itu memang mengenalka­n asal popcorn dan cara pembuatann­ya. Meski kelihatann­ya ricuh, event yang diadakan di Benson Tower Pakuwon Mall tersebut berlangsun­g seru.

”Sebelum kita membuat popcorn, uncle punya pertanyaan. Tahu nggak popcorn itu terbuat dari apa?” tanya Edric Endputra, sang pembawa acara, kepada bocah-bocah yang sudah berkumpul di meja.

Hening. Rupanya, bocah-bocah yang rata-rata masih berumur 4 sampai 10 tahun itu tidak tahu dari mana popcorn berasal. ”Jadi, popcorn itu berasal dari jagungjagu­ng yang sudah kering seperti ini ya,” terangnya. Sontak mereka langsung penasaran dan memegang jagung yang ditunjukka­n Edric.

Tidak butuh banyak. Hanya sekitar tiga sendok kecil jagung sudah cukup untuk membuat popcorn sestoples besar. ”Jagung-jagung ini kemudian kita masukkan ke

popcorn maker (alat khusus untuk membuat popcorn). Sekarang tinggal tunggu tiga menit ya,” jelasnya. Tak perlu menunggu lama,

popcorn-popcorn tersebut sudah memenuhi stoples yang ada.

”Coba sekarang dicicipi,” ajak Edric kepada anak-anak. ”Yeks, nggak enak,” ujar Nicole Patricia Lin. Edric pun menjelaska­n bahwa popcorn-popcorn tersebut tidak memiliki rasa kalau belum ditambahka­n gula atau campuran yang lain.

Kali ini anak-anak diajak memberi rasa dengan susu cokelat dan meses sekalian untuk belajar menghias. ”Coba gimana rasanya kalau sudah ada cokelat sama meses?” tanyanya lagi. Tentu saja, mereka kegirangan dengan rasanya yang manis.

 ?? RIZAL AHMAD/JAWA POS ?? BIAR KELIHATAN BAGUS: Dari kiri, Charlize Ginevre, Nicole Patricia Lin, dan Michael Flobert dalam acara popcorn making kemarin.
RIZAL AHMAD/JAWA POS BIAR KELIHATAN BAGUS: Dari kiri, Charlize Ginevre, Nicole Patricia Lin, dan Michael Flobert dalam acara popcorn making kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia