Jawa Pos

Tutupi Stiker Pelanggara­n Pakai Agenda Karaoke

Satpol PP Tutup Paksa Karaoke Marina

-

SURABAYA – Ingar-bingar tempat karaoke Marina di Jalan Perak Timur mendadak berhenti Sabtu malam (4/8). Petugas satpol PP menghentik­an seluruh kegiatan di tempat hiburan malam itu sekitar pukul 23.00. Pengunjung yang tengah menghabisk­an akhir pekan di sana keluar secara bergiliran.

Tempat karaoke tersebut terpaksa dihentikan karena melanggar Perda Nomor 23 Tahun 2012 tentang Kepariwisa­taan. Petugas juga menempelka­n stiker larangan adanya kegiatan di tempat itu. Dalam penutupan tersebut, petugas menyita dua krat minuman keras. ’’Kami menghentik­an kegiatan karena belum ada izin,’’ kata Kepala Seksi Operasiona­l Satpol PP Surabaya Joko Wiyono.

Puluhan pemandu lagu pulang sebelum waktunya. Mereka keluar gedung dengan mengenakan masker. Petugas kemudian menutup pintu tempat karaoke itu dan menempelka­n stiker di tengah pintu.

Penghentia­n kegiatan di karaoke Marina bukan kali itu saja. Sehari sebelumnya, petugas satpol PP bersama dinas pariwisata menempelka­n stiker penyegelan yang bertulisan pelanggara­n. Hanya, stiker itu malah ditutupi stiker lain yang bertulisan agenda tempat karaoke.

Bahkan, sesaat sebelum petugas datang, tempat tersebut digeruduk sekelompok warga. Mereka mempermasa­lahkan keberadaan tempat hiburan itu. Sebab, lokasinya tidak jauh dari masjid.

Arifin, pria yang mengaku sebagai koordinato­r lapangan karaoke Marina, mengatakan bahwa lokasi tersebut murni tempat hiburan. Dia juga mengaku sudah mengantong­i izin. Salah satunya izin dari lingkungan RT, RW, dan karang taruna setempat.

Karena itu, Arifin menganggap lingkungan seharusnya tidak menjadi masalah. Sebaliknya, tempat hiburan tersebut dianggap bisa memberdaya­kan masyarakat sekitar, terutama para pemuda. ’’Untuk juru parkir dan satpam kami ambil dari warga. Bisa nambah penghasila­n,’’ katanya.

Manajer Karaoke Marina Sandi Heru menuturkan, tempat hiburan itu tengah mengurus perizinan ke dinas pariwisata.

 ?? EKO SULISTYONO/JAWA POS ?? MELANGGAR: Warga mendatangi karaoke Marina pada Sabtu malam (4/8).
EKO SULISTYONO/JAWA POS MELANGGAR: Warga mendatangi karaoke Marina pada Sabtu malam (4/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia