Jawa Pos

Tanggap Sosial dengan Dolanan

-

SURABAYA – Kemeriahan peringatan hari kemerdekaa­n Indonesia sangat terasa di RT 16 Ngagel Mulyo kemarin (5/8). Anak-anak hingga orang dewasa bergembira bersama dalam berbagai acara. Warga mengajak anak-anak untuk dolanan tradisiona­l bareng.

Permainan yang dipilih sudah jarang dimainkan anak-anak. Misalnya, giring ban, balap karung, boi-boian, egrang bambu, lari balok, telepon kaleng, egrang kaleng, ular tangga raksasa, lompat tali, jaga daratan, dakon, bekel hingga piramida gelas. Dalam rangka memperinga­ti HUT Ke-73 Kemerdekaa­n RI, warga ingin mengobarka­n kembali semangat anakanak dengan bermain. Mereka dibantu komunitas Kampung Dolanan Surabaya.

Anak-anak diajak untuk berhenti bermain gawai sejenak dan keluar rumah. Mereka harus bersosiali­sasi. Saling mengenal. Keceriaan tak henti-hentinya menghiasi wajah 80 anak yang datang kemarin. ”Mereka bukan hanya dari RT16, tapi RT sebelah juga, dari 15, 16, 18, 19, dan 9,” ujar Sri Yuli Asturi, ketua panitia.

Ide acara berawal dari keprihatin­an melihat anak-anak zaman sekarang. Mereka jarang sekali keluar rumah dan bergerak. Sehari-hari mereka lebih banyak menghabisk­an waktu dengan gawai. Tanpa ada sosialisas­i yang dilakukan di dunia nyata. ”Saya ingin anak-anak meninggalk­an gadgetnya selama beberapa jam saja dan bermain di luar,” ungkap perempuan yangakrabd­isapaBuTut­utitu.

Dolanan tradisiona­l memberikan efek positif kepada anak-anak. Mereka menjadi lebih berani menghadapi dunia luar dan memiliki banyak teman. Berbeda halnya dengan anak yang lebih sering terpapar gawai.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SERU-SERUAN BARENG: Anak-anak warga Ngagel Mulyo dan sekitarnya bermain dolanan tradisiona­l untuk memperinga­ti HUT Ke-73 Kemerdekaa­n RI. Selain egrang (foto kiri) dan tarik tambang, banyak permainan tradisiona­l lain yang dimainkan.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SERU-SERUAN BARENG: Anak-anak warga Ngagel Mulyo dan sekitarnya bermain dolanan tradisiona­l untuk memperinga­ti HUT Ke-73 Kemerdekaa­n RI. Selain egrang (foto kiri) dan tarik tambang, banyak permainan tradisiona­l lain yang dimainkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia