Jawa Pos

Terus Persiapkan Operasi Mal Pelayanan Publik

-

SIDOARJO – Pemkab Sidoarjo terus menyiapkan mal pelayanan publik (MPP). Sejumlah kebutuhan dilengkapi. Akhir tahun mal itu harus siap beroperasi. Dengan demikian, masyarakat semakin mudah dalam mengurus sejumlah layanan. Mulai administra­si kependuduk­an, perizinan, SIM, hingga keimigrasi­an.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo Ahadi Yusuf menyatakan, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang menempati mal telah mengusulka­n kebutuhan masing-masing. Baik meja, kursi, komputer, monitor LCD, maupun pegawai. Usulan tersebut diajukan dalam pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2018.

Dinas komunikasi dan informasi (diskominfo), misalnya. Selain furniture, instansi itu mengusulka­n video wall. Peranti tersebut nanti ditempel di dinding ruang tunggu. ’’Fungsinya sebagai media informasi bagi warga,’’ jelasnya.

Jaringan internet juga disiapkan. Yusuf menjelaska­n, seluruh pelayanan di MPP berbasis teknologi informasi (TI). Pelayanan berjalan transparan dan cepat. ’’Komputer terhubung dengan kantor dinas masingmasi­ng,’’ jelasnya.

Kebutuhan karyawan juga disiapkan. Tugas tersebut dibebankan pada badan kepegawaia­n daerah (BKD). Yusuf menuturkan, BKD akan membuka lowongan pegawai front office. Selain mencukupi kebutuhan MPP, pemkab menentukan OPD yang menempati gedung itu.

Dia menyatakan, setidaknya ada enam dinas. Yakni, dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPM PTSP), dinas kependuduk­an dan catatan sipil (dispendukc­apil), dinas sosial (dinsos), dinas tenaga kerja (disnaker), dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud), serta badan pelayanan pajak daerah (BPPD).

Yusuf menjelaska­n, dinas yang dipilih merupakan instansi pelayanan. Tujuannya, mempercepa­t pelayanan publik. Sebut saja dinas kependuduk­an dan catatan sipil (dispendukc­apil). Setiap hari kantor dispendukc­apil selalu dipenuhi warga. Mereka antre untuk mengurus e-KTP, akta lahir, serta akta kematian.

Dengan MPP, lanjut dia, beban pelayanan administra­si di kantor dispendukc­apil akan berkurang. Sebagian pelayanan dilaksanak­an di MPP. ’’Sehingga pelayanan berjalan lebih cepat,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia