Jawa Pos

Obati Kerinduan pada Palembang

-

SURABAYA – Lagu Ya Saman terdengar di halaman belakang rumah Ibnu Chouldum di Jalan Untung Suropati. Lagu asli Palembang itu mengiringi tiga penari yang membawakan tarian Ya Saman. Tarian yang dikenal sebagai tarian selamat datang itu membuka acara Silaturahm­i Keluargo Besak Wong Kito Galo Sabtu malam (4/8).

Sebanyak 400 orang keturunan Palembang yang kini berdomisil­i di Surabaya hadir malam itu. Kegiatan silaturahm­i tersebut menjadi sarana untuk bertemu dan melepas rindu pada kampung halaman. Setiap tiga bulan sekali ada gathering di lokasi yang berbedabed­a. ”Kita juga ada halalbihal­al biasanya,” ungkap Ibnu.

Tak puas dengan menonton tarian Ya Saman, beberapa anggota komunitas naik ke panggung dan meminta lagu Ya Saman diputar lagi. Sebagian antusias menarikan Ya Saman. Lenggak-lenggok mereka mengikuti cepatnya tempo lagu. ”Biasanya juga nyanyi-nyanyi begini,” imbuh pria yang kini menjabat general manager Pertamina MOR V itu. Lagu-lagu berbahasa Palembang ikut dinyanyika­n. Lagu Cuk Mak Ilang misalnya.

Kini mereka juga melakukan penggalang­an dana setiap gathering. ”Kami inginlah memberikan sesuatu, bukan hanya kumpulkump­ul,” jelasnya. Ardo Sahak, ketua Paguyuban Wong Kito Galo Jawa Timur, menyatakan sedang merancang beragam program. ”Karena baru dibuat pengurus. Nanti ada bidang sosial, keagamaan, hingga olahraga,” ucap Ardo. Penggalang­an dana yang terkumpul Sabtu malam direncanak­an untuk kebakaran di Palembang atau gempa di Lombok.

Acara silaturahm­i itu juga digunakan untuk merayakan ulang tahun anggota. Ardo menjadi salah satu anggota yang mendapat kejutan kue ulang tahun. Lagu Selamat Ulang Tahun yang dipopulerk­an band Jamrud tiba-tiba diputar. Wajah semringah Ardo tak dapat ditutupi. Seluruh kerabatnya turut naik ke panggung untuk memberikan ucapan selamat.

 ?? 0201 PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS ?? JANJI SETIA: Martinus Ken Ghiedayat Setiono dan Margareth Ismiyati Sutanti menjalani proses pemberkata­n seperti saat menikah 60 tahun lalu.
0201 PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS JANJI SETIA: Martinus Ken Ghiedayat Setiono dan Margareth Ismiyati Sutanti menjalani proses pemberkata­n seperti saat menikah 60 tahun lalu.
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? JALIN KEAKRABAN: Wakil gubernur terpilih Emil Dardak (tengah) hadir dalam silaturahm­i Wong Kito Galo Jawa Timur Sabtu malam (4/8). Acara tersebut rutin digelar tiap tiga bulan.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS JALIN KEAKRABAN: Wakil gubernur terpilih Emil Dardak (tengah) hadir dalam silaturahm­i Wong Kito Galo Jawa Timur Sabtu malam (4/8). Acara tersebut rutin digelar tiap tiga bulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia