Jawa Pos

Bikin Solusi Satu Atap

-

ANTUSIASME Martin Hendriadi di dunia teknologi informasi (TI) membawanya menciptaka­n start-up. Pada 2015 dia mendirikan Rooang.com, sebuah platform online yang menghubung­kan pemilik rumah dengan para profesiona­l serta vendor perlengkap­an rumah. Dia mengamati banyak sekali kendala yang ditemui seseorang ketika ingin membangun tempat tinggal. Salah satunya menemukan arsitektur atau desain interior yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah. ’’Bisa saja mencari referensi dari internet, tapi belum tentu tenaga yang dibutuhkan sesuai harapan,’’ ujarnya.

Mulai arsitek, desainer, mandor, tukang, kontraktor, sampai vendor pernik-pernik rumah hanya lewat satu atap, yaitu Rooang.com. ’’Kalau zaman dulu untuk memperoleh ide harus baca majalah dulu atau jalan-jalan dulu untuk survei, belum lagi cari tukang juga susah. Jadi, saya berupaya memberikan servis dalam satu atap,’’ papar Martin.

Sejak awal dibuat hingga sekarang perkembang­an Rooang.com diakui sangat pesat. Website tersebut kini telah memiliki lebih dari seribu profesiona­l vendor. Selain itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia, Himpunan Designer Interior Indonesia, sampai Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia. Para profesiona­l tidak hanya berasal dari Jawa, tetapi dari seluruh Indonesia. ’’Kebanyakan proyek yang dilakukan adalah membangun tempat tinggal, meski ada juga proyek lain seperti ruko atau kantor,’’ tambahnya.

Martin mengatakan, Rooang.com juga bersinergi dengan Mikatasa karena memiliki kemiripan. ’’Mikatasa itu vendornya bahan bangunan yang menyuplai ke proyek-proyek, sedangkan Rooang adalah platformny­a proyek. Start-up ini ke depannya sangat membantu Mikatasa dalam menghadapi fenomena disrupsi,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia