Jawa Pos

Pindah Posisi Tetap Piawai

Pemain Terbaik Juli

-

BANDUNG – Usia hanya angka tatkala memperhati­kan performa Supardi Nasir musim ini. Sudah mencapai 35 tahun, kapten Persib Bandung itu malah digeser dari bek kanan menjadi winger kanan. Posisi yang membutuhka­n kecepatan dan ketangguha­n fisik. Ternyata, dia sukses.

Pada awal musim, Supardi diragukan bisa bersaing untuk secara reguler bermain di posisi bek sayap. Sebab, Maung Bandung memiliki Tony Sucipto, Henhen Herdiana, dan Ardi Idrus untuk bek sayap. Juga, punya Indra Mustafa yang bisa bermain di posisi tersebut.

Ternyata, Supardi masih tetap jadi pilihan utama bagi pelatih Mario Gomez. Bahkan, seringnya winger andalan Persib Febri Haryadi absen lantaran dipanggil ke timnas U-23 memaksa Gomez menggeser posisi Supardi ke depan sebagai winger kanan.

Alhasil, Supardi tidak sulit beradaptas­i. Keberadaan­nya di winger kanan justru tidak hanya menjaga agresivita­s Persib, tetapi juga membuat pertahanan dari sisi sayap lebih kukuh. Wajar, dengan posisi asli sebagai bek kanan, dia piawai dalam menghadang pergerakan winger lawan.

Dalam tujuh pertanding­an terakhir, Persib tidak pernah kalah. Kebetulan saat itu dia selalu bermain di winger kanan. Selama Juli pemain kelahiran Bangka Belitung tersebut bermain enam laga dengan total 540 menit. Dia mencetak dua gol dan satu assist. Itulah yang membuatnya terpilih sebagai pemain terbaik Juli versi Jawa Pos dan Statoskop.

Supardi menyatakan tersanjung dengan penghargaa­n tersebut. Dia tidak menyangka bisa terpilih pada usianya yang mencapai 35 tahun. ’’Saya bersyukur. Tapi, yang lebih penting, saya ingin terus memberikan kemampuan terbaik untuk tim,’’ jelas mantan pemain PSMS Medan dan Sriwijaya FC tersebut.

Mengenai posisi barunya di Persib, Supardi mengungkap­kan hanya berusaha menjalanka­n strategi pelatih Mario Gomez dengan baik. Menurut dia, pemain harus punya kemampuan memahami taktik pelatih dengan cepat walaupun bisa berbeda dalam setiap pertanding­an. ’’Saya tidak tahu saya lebih baik atau tidak dengan posisi baru ini. Publik yang bisa menilai,’’ lanjutnya.

Kendati performany­a tetap stabil pada usia yang tidak lagi muda, Supardi telah menyatakan sadar diri untuk tidak bermain membela timnas Indonesia. ’’Saya hanya ingin fokus ke Persib. Sekarang giliran pemain muda untuk membela timnas,’’ jelasnya.

Sementara itu, sikap Supardi yang sangat sopan di dalam dan di luar lapangan juga mendapat apresiasi dari lawan-lawannya. Gelandang Madura United Slamet Nurcahyo mengungkap­kan bahwa Supardi merupakan pemain yang punya kelebihan dibandingk­an lainnya. ’’Dia juga panutan bagi pemain muda,’’ ungkapnya.

3 3 3 3

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? (Persib Bandung) Gol 2
Assist Umpan kunci 4 Intersep Sapuan Operan
1 12 19 97 DUEL UDARA TERBANYAK BULAN INI Ricardo Salampessy (Persipura) PEMAIN
Haudi Abdullah Ilija Spasojevic Hamka Hamzah Rishadi Fauzi
INTERSEP TERBANYAK BULAN INI
Haudi...
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS (Persib Bandung) Gol 2 Assist Umpan kunci 4 Intersep Sapuan Operan 1 12 19 97 DUEL UDARA TERBANYAK BULAN INI Ricardo Salampessy (Persipura) PEMAIN Haudi Abdullah Ilija Spasojevic Hamka Hamzah Rishadi Fauzi INTERSEP TERBANYAK BULAN INI Haudi...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia