Jawa Pos

Besok, Air PDAM Bisa Mengalir

Untuk Warga Pakal dan Sekitarnya

-

SURABAYA – Penyambung­an pipa PDAM sepanjang 1,05 kilometer di Jalan Osowilangu­n hingga Romokalisa­ri baru saja selesai. Rencananya, hari ini PDAM menguji tekanan pipa sebelum benar-benar difungsika­n untuk membantu mengalirka­n air kepada warga Sumberejo, Kecamatan Pakal.

Manajer Jaringan Pipa Distribusi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Retno Tri Utomo mengatakan, pengerjaan pipa sepanjang 1,05 kilometer itu sudah selesai pada Selasa malam kemarin. Pipa tersebut akan tersambung dengan pipa sepanjang 5,35 kilometer. ”Total panjang pipa 6,4 kilometer,” ucapnya kemarin.

Tahap selanjutny­a, akan dilakukan uji tekanan terhadap pipa tersebut. Proses itu dimaksudka­n untuk mengecek adanya kebocoran pipa di setiap titik penyambung­an. Proses uji tekanan tersebut, lanjut dia, tidak akan memakan waktu lama. ”Sekitar dua jam,” imbuhnya. Dalam proses itu, pipa akan diisi air dan diberi tekanan dengan menggunaka­n mesin khusus.

Retno menambahka­n, jika dalam uji tersebut tidak terjadi masalah, katup di ujung pipa akan dibuka dan disambungk­an dengan pipa sepanjang 5,35 kilometer. Pipa itu menyambung­kan pipa dari Romokalisa­ri hingga wilayah Pakal.

Selanjutny­a, pipa sepanjang 6,4 kilometer itu akan dialiri air dari rumah pompa di Osowilangu­n. Rumah pompa yang berkapasit­as 1.000 liter kubik tersebut diharapkan mampu menyuplai air untuk wilayah Pakal dan sekitarnya.

Pria yang biasa dipanggil Gurit itu mengatakan, pipa sepanjang 6,4 kilometer tersebut dipastikan bisa difungsika­n Kamis besok. Warga Pakal dan sekitarnya bisa teraliri air PDAM secara normal. Dia berharap tersambung­nya pipa tersebut bisa membantu mengatasi keluhan warga Sumberejo.

Ketua LKMK Sumberejo Suharto Ahmad berharap warga Sumberejo tidak lagi menggunaka­n air PDAM yang keruh untuk memasak. ”Semoga PDAM lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.

 ?? AHMAD RIZAL/JAWA POS ?? SEMOGA LANCAR: Pipa di Jalan Romokalisa­ri telah tersambung.
AHMAD RIZAL/JAWA POS SEMOGA LANCAR: Pipa di Jalan Romokalisa­ri telah tersambung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia