Jawa Pos

Tahan Sabetan Golok hingga Patah Tulang

Mahasiswa PENS Pertahanka­n Motor dari Begal

-

SURABAYA – Agung Dirmawan, 19, merasa ada yang membuntuti­nya selepas keluar dari kampus PENS (Politeknik Elektronik­a Negeri Surabaya), Sukolilo, Minggu dini hari (5/8). Kecurigaan mahasiswa semester IV prodi elektro industri itu terbukti saat tiga orang menghentik­annya di Jalan Kertajaya Indah. Mereka berusaha merampas sepeda motor Honda Vario yang dikendarai Agung.

Agung pun mempertaha­nkan sepeda motornya. Tiga penjahat itu gagal merebut sepeda motor. Namun, Agung mengalami luka patah tulang dan sobek di lengan kiri. Sebab, dia menahan sabetan golok salah seorang pelaku.

Saat ini pria asal Sedati, Sidoarjo, itu dirawat di RSU Haji. ’’Yang diincar leher, Mas. Tapi, saya halangi dengan tangan kiri,’’ tutur Agung saat ditemui di rumah sakit kemarin.

Dia menceritak­an kejadian sekitar pukul 01.15 tersebut. Saat itu dia hendak pulang dari kampus ke rumahnya di kawasan Dusun Tani Tambak, Sedati, Sidoarjo. ’’Ada tiga orang yang naik satu sepeda motor yang menghentik­an saya,’’ ungkap Agung.

Mereka berusaha merampas sepeda motor Agung. Namun, Agung melawan dengan menarik jaket pelaku. Kemudian, salah seorang pelaku mengeluark­an sebilah golok. Berkali-kali dia menyabetka­n golok ke arah Agung. ’’Lengan kiri ada dua luka jahitan. Sekitar area perut dan punggung juga ada luka gores,’’ ucapnya.

Agung bertahan sekuat-kuatnya. Setelah beberapa kali kena sabetan, dia terjauh. Sepeda motornya sempat berpindah tangan. Agung pun berupaya menghalang­i pelaku agar tidak lari. Dia menarik jaket dan baju salah seorang pelaku sampai lepas dari badannya. ’’Mereka kemudian melarikan diri. Hanya kontak sepeda motor yang dibawa,’’ katanya.

Mereka kabur ke arah Manyar. Belum sampai lampu merah persimpang­an Jalan Kertajaya Indah, ketiga pelaku sempat putar balik. Dua orang di antara mereka memakai penutup wajah. ’’Saya ditolong satpam ITS, kemudian dibawa ke Rumah Sakit Haji,’’ ujarnya.

Kapolsek Sukolilo Kompol Ibrahim Gani membenarka­n adanya peristiwa tersebut. ’’Saat ini tahap penyelidik­an.”

 ?? AUFAR DHANI/JAWA POS ?? RAWAT INAP: Agung Dirmawan di teras musala RSU Haji kemarin.
AUFAR DHANI/JAWA POS RAWAT INAP: Agung Dirmawan di teras musala RSU Haji kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia