Jawa Pos

Bau Menyengat Siksa Warga

-

SIDOARJO – Toha, warga Desa Keboharan, tidak bisa tidur Senin malam (6/8). Dia tersiksa dengan bau menyengat mirip tabung elpiji yang bocor. ’’Sudah saya cek tabung elpiji di rumah maupun warung. Tidak apa-apa, aman,’’ katanya.

Hingga keesokan pagi, bau menyengat tersebut tak kunjung hilang. Dia merasa tidak nyaman apabila ada pelanggan yang datang ke warungnya. ’’Saya bertanya ke tetangga terdekat. Semua mengeluhka­n hal yang sama,’’ lanjutnya. Bahkan, bau menyengat tersebut juga tercium warga Sukodono, Taman, Wonoayu. ’’Saya pas lihat FB (Facebook, Red), ternyata banyak yang mengeluhka­n bau menyengat tersebut,’’ imbuhnya.

Kabar yang beredar itu sampai di telinga petugas Polsek Krian. Petugas mencari sumbernya. Bau itu diduga berasal dari tumpahan limbah bahan kimia di tanah kosong Desa Punokawan, Krian. Tepatnya di tempat parkir truk umum. ’’Ada bekas tumpahanny­a. Di sana baunya sangat menyengat,” terang Kapolsek Krian Kompol Saibani.

Dia memperkira­kan, bahan kimia tersebut sengaja dibuang orang yang tidak bertanggun­g jawab. Dibawa dengan truk tangki, limbah cair dibuang seenaknya. Limbah cair tersebut mengalir ke selokan. Tak banyak orang di lokasi kejadian. Pelaku yang membuang limbah itu belum terlacak. ’’Malam angin sangat kencang. Bau tumpahan itu langsung menyebar karena terbawa angin,” tuturnya.

Lantas, siapa pelaku yang menumpahka­n limbah tersebut? Saibani mengatakan, petugas masih menelusuri­nya. Sebab, di lokasi, terdapat tempat parkir truk dari berbagai macam perusahaan. Namun, ada satu penjaga parkir yang akan dimintai keterangan. Namanya Muhammad Soim. ’’Masih kami selidiki. Soim banyak tidak tahunya ketika ditanya,” paparnya.

 ?? PRAMUKA KWARDA JATIM FOR JAWA POS ?? APRESIASI: Wakil Ketua Kwarda Jatim A.R. Purmadi (empat dari kiri) didampingi anggota Komisi E DPRD Jatim Dra Hj Yayuk Padmi Rahayu, Ir H Suhandoyo, M. Reno Zulkarnaen SPd, Abdul Halim SH, Kakwarcab Lamongan, dan Kakwarcab Gresik bersama para pemenang...
PRAMUKA KWARDA JATIM FOR JAWA POS APRESIASI: Wakil Ketua Kwarda Jatim A.R. Purmadi (empat dari kiri) didampingi anggota Komisi E DPRD Jatim Dra Hj Yayuk Padmi Rahayu, Ir H Suhandoyo, M. Reno Zulkarnaen SPd, Abdul Halim SH, Kakwarcab Lamongan, dan Kakwarcab Gresik bersama para pemenang...
 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? HARUS DICARI PELAKUNYA: Polisi menelusuri sumber penyebab bau menyengat di Desa Punokawan, Krian, kemarin.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS HARUS DICARI PELAKUNYA: Polisi menelusuri sumber penyebab bau menyengat di Desa Punokawan, Krian, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia