Jawa Pos

Launching BUMDes SMS

-

SIDOARJO – Desa Sukorejo, Kecamatan Buduran, membentuk badan usaha. Namanya Sukorejo Makmur Sejahtera (SMS). Ada tujuh unit usaha di dalamnya. Salah satunya, jasa perdaganga­n berupa BUMDesmart yang berlokasi di balai desa.

’’Dalam waktu dekat, kami membangun tokonya di depan balai desa,’’ kata Kepala Desa Sukorejo Heri Kustantono. Bangunanny­a berukuran 3 x 4 meter. BUMDesmart menyediaka­n banyak kebutuhan rumah tangga dan pendidikan. Misalnya, buku dan bolpoin. ’’Di sini minimarket nggak ada. Karena itu, bisnis ini potensial,’’ lanjut Heri yang ditemui ketika launching BUMDes Senin malam (6/8).

Unit usaha lainnya adalah budi daya perikanan, peternakan, serta pembibitan bunga dan buah. Pengurus BUMDes juga mengelola aset desa. Meliputi, pendataan aset desa dan pemberdaya­annya. ’’ Ada tanah kas desa yang masih utuh. Luasnya 8 hektare. Tanah ini yang akan diberdayak­an.”

Ada pula unit usaha keuangan. ’’Bentuknya koperasi simpan pinjam untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah,’ terang Heri.

Selain itu, ada unit usaha produksi yang mencakup pendataan dan koordinasi home industry. Saat ini sudah ada home industry jamu dan pengolahan lidah buaya. ’’Nanti kalau dikoordina­si, jadi lebih mudah mengenalka­n,’’ ujar Muhammad Irfan, kepala unit produksi.

Mereka juga memiliki unit jasa. Di antaranya, jasa pengurusan KTP, KSK, akta kelahiran, dan SIM. Termasuk jasa editing foto dan gambar sekaligus pencetakan­nya. Terakhir, unit usaha kesehatan. ’’Ada bidan yang mengurusi ini, khusus pelayanan kesehatan,’’ kata Heri.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia