Jawa Pos

Lukisan pada Makarun Putih

-

SURABAYA – Makarun dikenal dalam beragam warna. Variasinya terus berkembang. Hingga kini, makarun juga bisa dilukis sesuai dengan keinginan. Agnes Getty –pembuat makarun asal Surabaya– menyatakan, dirinya menghias makarun buatannya dengan beberapa bahan.

’’Bisa dilukis dengan pewarna makanan atau dihias dengan bahan fondan atau icing,’’ jelas Agnes.

Jika ingin dihias dengan katakata atau gambar detail benda dan karakter, Agnes mewujud- kannya dengan lukisan. ’’Karena ukurannya kecil, jadi cuma bisa satu kata,’’ imbuhnya sembari menunjukka­n sebuah makarun bertulisan coffee.

Agnes juga menunjukka­n beberapa karyanya berupa lukisan bunga mawar pada makarun. ’’Kuasnya harus sangat kecil agar bisa detail,’’ ucap pemilik Blahblah. inc itu. Agar lukisan terlihat jelas, dia menggunaka­n makarun putih. ’’Jadi warnanya benar-benar keluar,’’ jelasnya.

Selanjutny­a, hiasan dari fondan biasanya digunakan untuk membuat makarun dengan efek timbul atau tiga dimensi (3D). Satu kata atau bentuk tertentu bisa diwujudkan dengan fondan, asal bentuknya tak terlalu rumit. Bentuk pita, ketupat, atau masjid masih bisa diaplikasi­kan dengan fondan.’Warna makarunnya bisa bervariasi kalau dengan fondan,’ ucap perempuan berusia 30 tahun itu.

 ??  ?? SENI: Agnes Getty melukis makarun yang dibikinnya kemarin. Dia menggunaka­n kuas kecil agar lukisan rapi.
SENI: Agnes Getty melukis makarun yang dibikinnya kemarin. Dia menggunaka­n kuas kecil agar lukisan rapi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia