Jawa Pos

Pendaftara­n Capim KPK Dibuka 17 Juni

- Perjuangan Para Peneliti ITB Ciptakan Aneka BBM Berbahan Dasar Sawit

JAKARTA – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberanta­san Korupsi (Pansel Capim KPK) melakukan persiapan menjelang pembukaan pendaftara­n 17 Juni mendatang. Pansel berharap mereka yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi tidak ragu untuk mendaftar.

Anggota Pansel Capim KPK Al Araf menyatakan, pada tahap pendaftara­n akan dilakukan seleksi administra­tif. Hingga 4 Juli, pansel akan memastikan pendaftar memenuhi syarat administra­tif yang ditentukan. Misalnya berstatus warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki keahlian serta pengalaman 15 tahun di bidang hukum, ekonomi, keuangan, atau perbankan

Setiap pendaftar juga harus memenuhi syarat berintegri­tas dan bermoral, melepaskan jabatan struktural, tidak menjadi pengurus partai, serta mengumumka­n kekayaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. ”Mereka yang memiliki kompetensi diharapkan mendaftar menjadi calon pimpinan KPK,” tuturnya kepada Jawa Pos kemarin (8/6).

Al Araf mengatakan, pansel tidak membatasi jumlah pendaftar. Siapa pun yang merasa kompeten dan memenuhi syaratsyar­at itu dipersilak­an mendaftar. Tim pansel yang diketuai Yenti Garnasih itu sudah mengantisi­pasi banyaknya pendaftar dengan mengatur tahapan seleksi. ”Kami sangat berharap banyak calon yang mendaftar,” imbuh dia.

Setelah tahap seleksi administra­tif, berikutnya adalah uji kompetensi, profile assessment, tes kesehatan,hinggawawa­ncara.Pansel menargetka­n pada September atau sebelum masa jabatan pimpinan KPK saat ini berakhir, sudah ada nama-nama calon yang diserahkan ke DPR. Sebagaiman­a diketahui, masa jabatan pimpinan KPK saat ini, yakni Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Laode M. Syarif, Saut Situmorang, dan Alexander Marwata, berakhir Desember mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia