Jawa Pos

Pengusaha Tambang Abaikan Reklamasi

-

MAGETAN – Keseriusan Pemkab Magetan untuk menagih kewajiban reklamasi pengusaha tambang galian C perlu dipertanya­kan. Di beberapa titik, bekas tambang dibiarkan begitu saja tanpa direklamas­i. Padahal, bekas tambang itu dekat dengan permukiman warga.

Salah satu bekas tambang yang dibiarkan begitu saja tanpa direklamas­i ada di daerah Ngerong. Dari pantauan Jawa Pos Radar Madiun, tambang tersebut sudah lama ditinggalk­an pengusaha. Alat-alat berat yang digunakan mengeruk material tanah juga telah dipindahka­n.

Dikonfirma­si terkait hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan menjawab normatif. Mereka mengaku masih memantau perkembang­an kewajiban reklamasi yang seharusnya dilakukan pengusaha tambang. Padahal, reklamasi wajib dilakukan pemilik izin tambang. ’’Masih dalam pantauan kami,’’ kata Kepala DLH Kabupaten Magetan Saif Muchlissun.

Menurut dia, di daerahnya ada lima titik bekas tambang yang dibiarkan begitu saja. Seluruh bekas tambang itu adalah galian C. Dia berjanji lebih intens memantau perkembang­an reklamasi seusai Lebaran.

Dia menjelaska­n, reklamasi merupakan salah satu kontribusi wajib yang harus dipenuhi pengusaha. Pemkab sebenarnya sudah menegur para pengusaha tambang. Namun, teguran tersebut belum membuat pengusaha sadar terhadap kewajiban. Jika teguran itu tak dijalankan, pemkab seharusnya bisa bertindak lebih keras.

Dia menyatakan, reklamasi harus segera dilakukan meski izin usaha pertambang­an operasi dan produksi (IUP-OP) yang diterbitka­n Pemprov Jatim masih berlaku. ’’Kalau material tanahnya habis, seharusnya segera dilakukan reklamasi,’’ ucapnya.

Potensi kerusakan lingkungan sangat besar jika bekas tambang tersebut dibiarkan tanpa direklamas­i. Tanah bekas tambang itu akan sangat tandus. Tak bisa ditanami tumbuhan lagi.

 ?? BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN ?? BERBAHAYA: Lokasi tambang di kawasan Ngerong yang belum direklamas­i. Tambang ini berada di dekat permukiman warga.
BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN BERBAHAYA: Lokasi tambang di kawasan Ngerong yang belum direklamas­i. Tambang ini berada di dekat permukiman warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia