Jawa Pos

BERBONUS BALLON D’OR

-

PORTO – Peraih Ballon d’Or (Pemain Terbaik Eropa) 2019 baru diputuskan awal tahun depan. Tapi, petunjuk mengenai siapa yang bakal memenangin­ya, tampaknya, bisa diketahui dalam final UEFA Nations League 2018–2019 antara Portugal versus Belanda dini hari nanti WIB (10/6).

Sebab, dua pemain yang disebut sebagai kandidat utama bakal headto-head

dalam laga di Estadio do Dragao, Porto, tersebut. Penyerang sekaligus kapten Portugal Cristiano Ronaldo versus Virgil van Dijk yang berstatus kapten sekaligus bek tengah Belanda. Berkaca pada capaian sepanjang musim lalu,

Van Dijk mungkin selangkah lebih unggul atas Ronaldo. The Dyke –julukan Van Dijk– memenangi Liga Champions plus meraih berbagai penghargaa­n personal seperti pemain terbaik Inggris, pemain terbaik Premier League, hingga pemain terbaik final Liga Champions. Itu belum termasuk catatan menterengn­ya bersama The Reds yang tidak pernah dilewati pemain lawan dalam 64 laga secara beruntun. Van Dijk semakin pede karena selama lima tahunterak­hirpemainy­angbisamem­persembahk­an Liga Champions berbonus Ballon d’Or. Meski, statistik juga menyatakan bahwa sejak era milenial sepuluh peraih Ballon d’Or tidak harus mengangkat Si Kuping Lebar (lihat grafis).

Sementara itu, Ronaldo sebagai kolektor terbanyak Ballon d’Or bersama Lionel Messi (5 kali) musim lalu ’’hanya’’ mendapat scudetto

bersama Juventus. Hal itu membuat pemain berinisial CR7 tersebut berambisi meraih prestasi bersama Selecao das Quinas –julukan Portugal– di UEFA Nations League. ’’Siapa yang tidak ingin meraih juara di hadapan pendukung sendiri,’’ kata Ronaldo kepada A Bola.

Di sisi lain, bagi Van Dijk, memenangi UEFA Nations League membuat garansi Ballon d’Or tidak akan lepas darinya. ’’Kita lihat saja nanti. Kami akan menghadapi Portugal yang hebat dan mereka bukan hanya Ronaldo,’’ ucap bek pemilik 25 caps itu seperti dilansir Goal.

Pertemuan dini hari nanti bukan yang pertama bagi Ronaldo dan Van Dijk. Di level internasio­nal, keduanya pernah bersua dalam uji coba internasio­nal pada 27 Maret 2018. Kala itu Van Dijk membuat Der Oranje menang tiga gol tanpa balas. Dua bulan berselang, keduanya kembali bertemu di Stadion NSC Olimpiyski­y, Kiev. Kali itu di level klub. Ronaldo yang masih membela Real Madrid pun berjaya dengan kemenangan 3-1 dalam final Liga Champions.

Hanya, jika mengacu pada target tim, kedua pemain punya kepentinga­n yang lebih krusial daripada ambisi pribadi. Bagi Portugal, juara UEFA Nations League adalah bekal bersaing dalam kualifikas­i Euro 2020. Setidaknya, pemenang UEFA Nations League punya benefit mengamanka­n satu tiket playoff.

Untuk Belanda, kampiun UEFA Nations League tak ubahnya penebus periode buruk Der Oranje setelah gagal lolos dalam dua ajang mayor terakhir. Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. ’’Sudah saatnya Oranje kembali menunjukka­n jati diri sebagai salah satu tim terbaik di Eropa,’’ ujar bek senior Belanda (63 caps) Daley Blind sebagaiman­a dilansir Voetbal Internatio­nal.

 ?? MIGUEL RIOPA /AFP ?? SANG KAPTEN: Cristiano Ronaldo bakal head-to-head dengan Virgil van Dijk dalam final UEFA Nations League 2018–2019 di Estadio do Dragao dini hari nanti WIB (10/6). Kedua pemain sekaligus merupakan kandidat peraih Ballon d’Or tahun ini.
MIGUEL RIOPA /AFP SANG KAPTEN: Cristiano Ronaldo bakal head-to-head dengan Virgil van Dijk dalam final UEFA Nations League 2018–2019 di Estadio do Dragao dini hari nanti WIB (10/6). Kedua pemain sekaligus merupakan kandidat peraih Ballon d’Or tahun ini.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia