Jawa Pos

Arteta Punya Kans Naik Kelas

-

JIKA Xavi Hernandez dan Vincent Kompany langsung menjadi pelatih, jalan Mikel Arteta harus berliku. Sejak musim 2016–2017, pria 37 tahun itu tak kunjung naik jabatan sebagai asisten pelatih di Manchester City.

Arteta bisa dibilang ”murid” langsung pelatih City Pep Guardiola. Eks pemain Everton dan Arsenal itu jadi tangan kanan Guardiola dalam tiga musim ini. Dan, Guardiola sebenarnya sudah memberikan lampu hijau untuk Arteta lepas darinya.

”Dia adalah pria yang pintar dan memahami dengan cepat apa yang seharusnya dilakukan di lapangan. Guardiola memercayak­an banyak hal kepadanya,” tulis penulis buku biografi Guardiola Marti Perarnau kepada Manchester Evening News.

Perarnau melanjutka­n, pada musim 2018–2019 ada dua hal yang ditugaskan Guardiola kepada pria asal San Sebastian Spanyol itu. Yaitu, mengasah eksekusi set piece

dan trik umpan diagonal dari sektor winger.

Musim 2018–2019, pada matchweek pertama menghadapi Arsenal (12/8), setelah terjadi gol kedua City oleh Bernardo Silva, Guardiola memeluk Arteta. Menurut Guardiola, gol yang diciptakan Bernardo Silva dan assist

Benjamin Mendy itu salah satu ajaran Arteta.

”Saya meminta (Raheem) Sterling dan Mendy tak memberikan umpan diagonal langsung, tapi kombinasi pendek antara kedua. Setelah cut-in,

berikan umpan ke area yang kosong,” ucap Arteta seperti dikutip Manchester Evening News.

Nah, klub Championsh­ip Middlesbro­ugh disebut-sebut intens mendekati Arteta. Dan tentu Guardiola dengan senang hati memberikan restu buat asisten yang sudah menimba ilmu kepadanya selama tiga musim itu.

Pada awal musim 2018–2019 ini, sebetulnya Arteta juga sudah didekati mantan klubnya, yakni Arsenal, buat mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalk­an Arsene Wenger. Tetapi, di saat-saat terakhir, Arsenal malah sepakat bekerja sama dengan pelatih PSG Unai Emery.

Selain Arteta, nama asisten pelatih Aston Villa John Terry disebut akan naik kelas musim 2019–2020 ini. Sayang, Terry memutuskan memperpanj­ang periode belajar kepada pelatih Villa Dean Smith. Villa musim 2019–2020 promosi ke Premier League.

 ?? TELEGRAPH ?? BERLIKU: Mikel Arteta butuh waktu agak lama untuk menjadi asisten pelatih.
TELEGRAPH BERLIKU: Mikel Arteta butuh waktu agak lama untuk menjadi asisten pelatih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia