Jawa Pos

Alasan Reuni sampai Kemampuan Lobi

-

KIPER Arsenal Petr Cech menutup karir sepak bolanya dengan catatan pahit. Dijebol empat gol oleh mantan rekan sendiri. Ada yang bilang Cech bermain setengah hati melawan Chelsea di final Liga Europa Kamis lalu (30/5).

Rumornya, performa kiper 37 tahun itu sedemikian merosot tidak hanya disebabkan faktor usia. Tetapi juga ada iming-iming posisi baru setelah pensiun di Arsenal dalam waktu dekat ini.

Menurut Sky Sports, mantan kiper Viktoria Plzen tersebut akan dijadikan direktur teknik baru Chelsea. Dia menggantik­an Michael Emenalo yang mengundurk­an diri sejak November 2017. Karena belum mendapat pengganti Emenalo, Direktur Chelsea Marina Granovskai­a sementara merangkap jabatan direktur teknik.

’’Saya tegaskan bahwa saya akan 100 persen untuk klub ini meski ada beberapa kabar yang beredar tentang saya. Keputusan saya akan diungkapka­n setelah partai final,’’ tulis Cech dalam akun Twitter-nya.

Ditariknya Cech ke bagian manajerial merupakan upaya Chelsea membangun atmosfer Cobham dari pemain-pemain generasi terbaik mereka. Selain Cech, Chelsea meminati legenda lain. Yaitu, John Terry dan Frank Lampard. Sayang, dua nama itu memilih bertahan. Terry di Aston Villa, sedangkan Lampard di Derby County.

Nah, selain Cech, nama pemain yang musim ini dikabarkan masuk manajerial tim adalah Daniele de Rossi. Setelah pensiun musim ini, De Rossi, kabarnya, ditarik Direktur Teknik Roma Francesco Totti di manajerial.

Posisi manajerial ini memang susahsusah gampang. Totti dan Pavel Nedved adalah contoh yang mulus transisiny­a di manajerial mantan klubnya. Eric Abidal, mantan pemain Barcelona, sejak musim lalu juga duduk di manajerial mantan klubnya. Abidal yang punya kemampuan lobi bagus memang memiliki pengaruh besar. Karena itu, dipasangla­h Abidal sebagai direktur olahraga.

’’Kehebatan’’ Abidal dalam melakukan lobi dan membajak pemain teruji musim ini. Winger Girondins Bordeaux Malcom yang musim panas tahun lalu sudah dinantikan fans Roma di bandara ibu kota Italia belakangan malah bergabung dengan Barca.

Selain itu, mantan pemain yang duduk di posisi manajerial satu tim adalah Nicolas Burdisso. Burdisso per Desember lalu menjadi direktur olahraga Boca Juniors. Dan, Burdisso berusaha merayu De Rossi yang notabene mantan kawannya di Roma buat bergabung dengan Boca.

 ?? STANDARD ?? MENYEBERAN­G: Petr Cech tertunduk setelah timnya kalah 1-4 oleh Chelsea akhir Mei lalu.
STANDARD MENYEBERAN­G: Petr Cech tertunduk setelah timnya kalah 1-4 oleh Chelsea akhir Mei lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia