Jawa Pos

Investor Anyar Bikin Pede

Persaingan di Liga 2 musim ini akan semarak. Apalagi dengan hadirnya beberapa klub yang bisa dikategori­kan sebagai ”tim kaya baru”. Mereka merekrut pemain bintang, pasang target tinggi. Bahkan, promosi ke Liga 1.

-

PSIM Jogjakarta punya sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Ikut berperan dalam lahirnya PSSI, Laskar Mataram juga pernah jadi juara Perserikat­an pada 1932. Setelah itu, prestasiny­a tidak terdengar lagi. Meski begitu, PSIM tidak pernah kehilangan dukungan dari suporter fanatiknya.

Suporterny­a selalu hadir meski klub asal Kota Gudeg itu hanya malang melintang di kasta kedua sepak bola Indonesia. Suporterny­a selalu loyal, bahkan tidak jarang ikut membantu keuangan tim. Harapan untuk jadi tim kuat dengan pendanaan besar hadir musim ini. Investor baru asal Semarang, yakni Bambang Susanto, menyuntikk­an dana besar untuk PSIM musim ini.

Beberapa pemain bintang bekas Bogor FC yang tidak jelas nasibnya direkrut. Mereka, antara lain, Raphael Maitimo, Cristian Gonzales, hingga pemain terbaik Liga 2 musim lalu Ichsan Pratama. Targetnya pun jelas, naik level ke Liga 1.

Tidak berhenti sampai di situ, di tangan Bambang, PSIM berencana bertransfo­rmasi jadi klub yang profesiona­l. Keuangan yang baik dengan sponsor berlimpah jadi target lainnya. ’’Saya melihat PSIM ini bukan hanya klub sepak bola saja, melainkan juga bisa masuk ke lantai saham. Kemudian memberikan kesempatan untuk menarik investor lain dan para sponsor. Klub ini besar sekali potensinya,’’ ujar Bambang.

Pria yang juga pelaku pasar saham di Jakarta itu mengungkap­kan awal mula berniat mengambil alih PSIM pada musim lalu. Tepatnya ketika tim berkostum biru itu melawan PSBS Biak pada babak penyisihan grup Liga 1 2018. Hasilnya saat itu PSIM bermain imbang.

Bukan hasil yang membuatnya jatuh cinta. Bukan juga permainan pemain PSIM di lapangan, melainkan atmosfer suporter yang tidak henti memberikan semangat. Mereka memenuhi Stadion Sultan Agung, Bantul, yang musim lalu jadi kandang PSIM. ’’Saya sedih melihat PSIM dari dulu gali lubang tutup lubang. Sudah sepantasny­a masuk ke era baru. PSIM harus dikelola dengan profesiona­lisme yang tinggi, jalannya roda klub yang profesiona­l maupun bisnis juga berjalan beriringan,” jelasnya.

Pengalaman selama 30 tahun di pasar modal jadi bekalnya di PSIM. Dia bermimpi memasukkan PSIM ke pasar modal suatu saat. ’’Saya akan buka peluang menarik investor dan para sponsor. Klub ini potensinya sangat besar,’’ tuturnya.

PSIM musim ini juga tidak lagi kebingunga­n mencari stadion. Stadion Mandala Krida sudah bisa dipakai. Paling tidak, sekitar 20 ribu penonton akan hadir di setiap pertanding­an kandangnya. Ini belum lagi genjotan sektor merchandis­e yang disuarakan lagi oleh tim kepada suporterny­a.

Selain itu, restu dari Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubu­wono X membuat Bambang begitu yakin PSIM akan berkembang pesat. Bermarkas di Jogjakarta, kota wisata, PSIM akan tumbuh jadi klub profesiona­l yang baik. Investasin­ya juga akan menyentuh pada struktur akademi. Yakni, kembali menggeliat­kan bakat-bakat sepak bola Jogjakarta melalui PSIM junior. ’’Proyek ini jangka panjang, kalau bisa selamanya sampai ke anak cucu. Tentu jangan hanya mampir di Liga 1, tetapi terus berkembang di kasta tertinggi bahkan go internatio­nal,” harapnya.

Motivasi serupa diusung Persiba Balikpapan. Itu tak lain karena adanya sosok Gede Widiade yang jadi investor baru Beruang Madu. Gede yang punya banyak pengalaman di sepak bola nasional dan dianggap pembawa keberuntun­gan karena berhasil membawa Persija dan Bhayangkar­a FC juara Liga 1 diharap bisa membuat Persiba naik kasta musim ini.

Pemain-pemain berpengala­man direkrut. Mereka, antara lain, Taufik Kasrun, Yusuf Effendi, eks timnas U-19 Sahrul Kurniawan, hingga dua pemain Persebaya yang berhasil membawa Green Force naik kasta, Adam Maulana dan M. Irvan.

 ??  ?? SEMANGAT: Para pemain Persiba saat menjalani latihan pramusim. Mereka punya target tinggi seiring bergabungn­ya Gede Widiade selaku investor.
SEMANGAT: Para pemain Persiba saat menjalani latihan pramusim. Mereka punya target tinggi seiring bergabungn­ya Gede Widiade selaku investor.
 ?? GUNTUR AGA/RADAR JOGJA ?? TENAR: Bintang PSIM Raphael Maitimo saat diajak foto bareng para suporter setelah latihan.
GUNTUR AGA/RADAR JOGJA TENAR: Bintang PSIM Raphael Maitimo saat diajak foto bareng para suporter setelah latihan.
 ?? INSTAGRAM ?? OPTIMISTIS: Pemain senior Agus Indra ketika menjalani latihan dengan Bangka Belitung FC.
INSTAGRAM OPTIMISTIS: Pemain senior Agus Indra ketika menjalani latihan dengan Bangka Belitung FC.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia