Jawa Pos

Ferrari Akui Bukan Yang Tercepat

-

MONTREAL – Ferrari berhasil memanfaatk­an kesempatan ketika pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengalami masalah. Mobil sang juara dunia 2017 dan 2018 itu menghantam tembok pembatas Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada, pada free practice (FP) kedua Jumat (7/6).

Situasi itu dimaksimal­kan pembalap Ferrari Charles Leclerc dan Sebastian Vettel yang memimpin FP2. Leclerc mencatat waktu tercepat pada sesi latihan Jumat dengan 1 menit 12,177 detik. Sedangkan Vettel terpaut 0,074 di belakang rekan setimnya itu. Tercepat ketiga, ada Valtteri Bottas, pembalap Mercedes lainnya, dengan gap 0,134 detik.

Hasil saat pemanasan menjelang Grand Prix Kanada itu diakui Vettel belum menggambar­kan balapan sebenarnya.

’’Kami bukanlah yang tercepat. Saya pikir ada jarak yang realistis dengan Mercedes,’’ ucap pembalap Jerman itu kepada Crash.

Musim ini, Mercedes terbukti menguasai enam balapan yang sudah berlalu. W10 tunggangan Hamiltonda­nBottassan­gatkuat ketika berada di trek lurus. Akselerasi mereka juga bagus. Duo Mercedesha­nyapernahk­ehilangan posisipodi­um1-2diMonteCa­rlo, Monako, dua pekan lalu. Ketika itu,mobilBotta­syangsedan­gkeluar pitstopdis­enggolMaxV­erstappen (Red Bull).

Kini, persaingan bakal berlanjut pada balapan GP Kanada Senin dini hari. Balapan kali ini diprediksi berlangsun­g dalam cuaca cerah. Salah satu poin penting yang harus diperhatik­an para pembalap adalah manajemen ban. Saat menjalani sesi latihan bebas Jumat, para pembalap menghadapi lintasan yang licin dan cukup kotor. ’’Saya pikir lintasan akan membaik sepanjang akhir pekan ini,’’ kata Vettel.

Sementara itu, Hamilton yang mengalami tabrakan harus kehilangan salah satu sesi penting dalam persiapan balapan GP Kanada. ’’Itu adalah kesalahan yang tidak perlu. Saya melakukan beberapa putaran menggunaka­n ban medium dan mencoba mencari limitnya. Sayang, saya kelewat batas,’’ ujarnya.

Hamilton punya track record yang bagus ketika membalap di GP Kanada. Sejak tampil di Formula 1, pembalap Inggris itu enam kali mendulang gelar di Sirkuit Gilles Villeneuve.

 ?? HAIYUAN SONG/QIAN JUN MOTORSPORT ?? MENJANJIKA­N: Pembalap Ferrari Charles Leclerc beraksi pada free practice GP Kanada di Gilles Villeneuve Circuit, Jumat, 7 Juni lalu.
HAIYUAN SONG/QIAN JUN MOTORSPORT MENJANJIKA­N: Pembalap Ferrari Charles Leclerc beraksi pada free practice GP Kanada di Gilles Villeneuve Circuit, Jumat, 7 Juni lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia