Jawa Pos

Ratusan Wisatawan Diserang Ubur-Ubur

Tersengat, Jangan Siram dengan Alkohol

-

BANTUL – Hati-hati jika berekreasi ke wilayah pantai selatan Jawa. Sebab, belakangan ini banyak ubur-ubur yang menyerang wisatawan. Sudah ratusan orang yang menjadi korban sengatanny­a.

Pantauan Jawa Pos Radar Jogja di pantai kawasan Bantul, beberapa korban adalah anakanak yang sedang berenang di pantai. Untung, di sana ada tim SAR Parangtrit­is yang segera membantu para korban. Untuk mengurangi efek sengatan, korban langsung disemprot dengan cairan cuka.

Menurut Komandan SAR Pantai Parangtrit­is Ali Sutanto Joko Saputro, ubur-ubur hanya muncul pada rentang pukul 14.00 hingga sore. Kemunculan­nya merata di sepanjang pesisir pantai Bantul. Pihaknya telah berkoordin­asi dengan puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk penanganan lanjutan.

Ali mengatakan, korban terbanyak adalah anak-anak. ”Anak-anak biasanya lebih tenang setelah ditangani. Sengatan (ubur-ubur, Red) memang sakit, tapi tidak mematikan. Justru orang tuanya yang panik,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan DIJ Pembajun Setyaning Astutie menjelaska­n, pihaknya telah memberikan sosialisas­i tentang penanganan korban sengatan ubur-ubur kepada tim lapangan. Terutama tim SAR yang berjaga di sepanjang pesisir pantai selatan. ”Sengatan ini kan sifatnya seperti racun. Nah, kami berikan info obat apa saja yang bisa dipakai. Selain itu juga membantu siapkan obat dan bahan habis pakai serta SDM kesehatan,” terangnya.

Pertolonga­n pertama kepada korban, tegas Pembajun, tak bisa sembaranga­n. Tak boleh menuang alkohol ke luka sengatan. Luka juga tidak boleh disiram dengan air tawar. ”Jangan digaruk karena akan semakin panas,” katanya.

 ?? DWI AGUS/JJAWA POS RADAR JOGJA ??
DWI AGUS/JJAWA POS RADAR JOGJA
 ?? DWI AGUS/JJAWA POS RADAR JOGJA ?? TIDAK MEMATIKAN: Korban sengatan ubur-ubur mendapat penanganan dari tim SAR Pantai Parangtrit­is. Foto kiri, ubur-ubur yang ditemukan di Pantai Parangtrit­is.
DWI AGUS/JJAWA POS RADAR JOGJA TIDAK MEMATIKAN: Korban sengatan ubur-ubur mendapat penanganan dari tim SAR Pantai Parangtrit­is. Foto kiri, ubur-ubur yang ditemukan di Pantai Parangtrit­is.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia