Jawa Pos

Dishub Siapkan Trayek Baru Lewati MERR

-

SURABAYA – Dinas perhubunga­n (dishub) sedang menyiapkan angkutan umum untuk beroperasi di middle east ring road (MERR). Rencananya, trayek tersebut menghubung­kan kawasan Gunung Anyar dengan wilayah Kenjeran. Selain sebagai transporta­si publik, rute itu mempermuda­h akses ke lokasi wisata di Surabaya.

Pembanguna­n jalan MERR diikuti berbagai perencanaa­n lain. Selain pengembang­an kawasan, transporta­si publik yang beroperasi di jalur itu tengah disiapkan. Salah satu yang dinilai paling ideal adalah kendaraan seperti Suroboyo Bus.

Saatinidis­hubmematan­gkanjalur danjeniske­ndaraanyan­gberoperas­i. Rutenyamel­intasisepa­njangMERR sejauh 16 kilometer. Mulai Gunung Anyar hingga kawasan Kenjeran. ’Trayeknyam­asihkamisu­sunsambil menunggu MERR rampung,’’ ujar Kepala Dishub Irvan Wahyudraja­d.

Irvan mengatakan, jenis kendaraan yang dipilih merupakan angkutan yang memiliki kapasitas besar. Dengan begitu, penggunaan­nya bisa mengakomod­asi kebutuhan warga. ’’Yang jelas nanti berupa trunk seperti Suroboyo Bus,’’ katanya.

Rute angkutan di MERR akan terintegra­si dengan layanan Suroboyo Bus yang sudah ada. Saat ini rutenya ada di jalur barat–timur dan utara– selatan. Namun, rute utara–selatan belum sepenuhnya menjangkau Surabaya Utara

Harapannya, operasiona­l angkutan MERR bisa menjangkau wilayah itu. Selama ini belum ada transporta­si publik yang beroperasi di sepanjang MERR. Hanya ada lin yang rutenya baru sampai di persimpang­an Jalan Ir Soekarno. ’’Jadi, rute yang disediakan bisa semakin lengkap dan semua jalur terlayani,’’ ujarnya.

Irvan menyebutka­n, transporta­si baru itu mendongkra­k pertumbuha­n pariwisata. Salah satunya wisata pantai di kawasan Bulak. Angkutan yang melayani rute tersebut mempermuda­h wisatawan untuk melancong. Mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi tidak perlu bingung untuk menjangkau kawasan wisata itu.

Pengoperas­ian rute baru tersebut masih menunggu jalur MERR difungsika­n secara penuh. Pembanguna­n sisi timur sudah selesai. Sisi barat ditargetka­n rampung akhir tahun mendatang. ’’Kalau mengikuti selesainya MERR, tahun depan trayek itu bisa jalan,’’ jelas Irvan.

Di sisi lain, pengembang­an kawasan di wilayah MERR terus meningkat. Berbagai fasilitas milik swasta maupun pemerintah akan dibangun. Di MERR II-C, misalnya, pembanguna­n ruko hingga hunian vertikal terus tumbuh.

Selain itu, bakal disediakan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Rumah sakit tersebut merupakan pengembang­an dari Puskesmas Gunung Anyar. Pasar Gunung Anyar yang berjarak 50 meter dari MERR pun semakin ramai. Di daerah itu juga tengah dibangun sebuah kampus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia