Jawa Pos

ORI Jatim Lakukan Sidak Pelayanan Publik

-

SURABAYA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jatim menyidak beberapa pelayanan publik di Surabaya dan Sidoarjo. Hasilnya, beberapa pelayanan publik tercatat kurang siap dan belum memenuhi standar representa­tif.

Di bidang kesehatan, kemarin ORI Jatim mengecek kelengkapa­n di RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH). RS milik Pemkot Surabaya tersebut tercatat sudah memiliki standardis­asi pelayanan yang cukup baik meski belum dikatakan sempurna.

Misalnya, yang menyangkut hal elementer. Antara lain, petugas yang tidak disiplin mengenakan name tag sebagai pengenal. Itu ditemukan ORI Jatim pada petugas penyedia obat dan analis laboratori­um.

”Soal lainnya adalah ruang tunggu rumah sakit. Ruang tunggu RSUD BDH berada di luar dan merupakan area terbuka. Kondisi tersebut jelas tidak representa­tif bagi pasien yang menunggu,” ucap Asisten Pemeriksaa­n ORI Jatim Achmad Azmi

Kekurangan dalam kesiapan layanan juga ditemui di Pos Damkar Waru, Sidoarjo. Di lokasi itu, ada dua mobil. Tetapi, satu mobil rusak. Soal lainnya, kekurangan personel yang jaga.

Kemarin petugas yang berjaga dalam satu sif hanya tujuh orang. Padahal, standarnya, ada 14

Soal lainnya adalah ruang tunggu rumah sakit. Ruang tunggu RSUD BDH berada di luar dan merupakan area terbuka. Kondisi tersebut jelas tidak representa­tif bagi pasien yang menunggu.” ACHMAD AZMI Asisten Pemeriksaa­n ORI Jatim

orang. Bukan hanya itu, fire jacket yang tersedia di kantor juga tidak mencukupi. Yang tersedia hanya lima jaket. ”Artinya, kalau ada tujuh orang, jaket kurang dua. Padahal, seharusnya ada 14 jaket,” jelasnya. Untuk itu, kesiapan Pos Damkar Waru dinilai sangat kurang.

Selain dua lokasi tersebut, tim ORI Jatim juga melakukan pemantauan serentak di beberapa pelayanan publik. Mulai terminal, stasiun kereta, hingga jalan tol. Anggota pun dibagi.

Azmi mengatakan, sidak ORI Jatim itu merupakan upaya untuk mengawasi pelayanan publik yang pada hakikatnya tidak mengenal libur. Selain itu, langkah tersebut ditempuh ORI untuk memastikan pelayanan publik tidak melalaikan kewajibann­ya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BEROPERASI LAGI: Beberapa mobdin diparkir di Siola lantai 5 dan 7 saat libur Lebaran. Mulai hari ini mobdin bisa digunakan untuk masuk kantor.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BEROPERASI LAGI: Beberapa mobdin diparkir di Siola lantai 5 dan 7 saat libur Lebaran. Mulai hari ini mobdin bisa digunakan untuk masuk kantor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia