Jawa Pos

Promosikan Kota Giri Melalui Kartu Pos

-

GRESIK – Di zaman serbacangg­ih saat ini, masih ada orang-orang yang gemar berkomunik­asi dengan kartu pos. Salah satunya, Teguh Puji Lestari. Finalis Cak-Yuk Gresik 2013 itu mengoleksi sekitar 500 lembar kartu pos.

Bagaimana awalnya dia menyukai kartu pos? Dulu ketika pergi ke luar negeri, dia ingin membawa oleholeh yang berkesan, namun tidak berat di bagasi. Kemudian, tercetus ide membawa kartu pos. Dari sana, banyak informasi terkait daerah setempat yang bisa didapat. Antara lain, gambar tempat wisata, makanan khas, atau adat istiadat setempat.

Setelah itu, melalui dunia maya, pria berusia 26 tahun tersebut ikut komunitas orang-orang yang suka mengoleksi dan berkirim kartu pos. Mereka pun saling mendeskrip­sikan kartu pos yang diinginkan. Kemudian, mereka saling berkirim kartu pos meski tak saling mengenal.

Hal itu ternyata telah memotivasi­nya untuk menjelajah­i dunia. ’’Untuk saat ini, mungkin aku belum bisa ke sana, tapi mungkin suatu hari nanti,’’ tutur pria pemenang PutraPutri Jawa Timur 2019 itu. Teguh juga berharap di paguyuban Cak-Yuk Gresik bisa dikembangk­an kartu pos untuk promosi wisata Kota Giri. ’’Kalau bisa ikut promosi wisata Gresik melalui postcard,’’ katanya.

Favorit Teguh adalah kartu pos bergambar pemandanga­n dan anime. Dia paling suka Fullmetal Alchemist. Menurut dia, anime itu mengajarka­n nilai-nilai kehidupan. Bahkan, dia sampai ingin ke Jepang untuk membeli kartu pos tentang manga tersebut. ’’Kalau bentuk, saya suka kartu yang macam-macam, bukan hanya persegi panjang,’’ ujarnya.

 ?? FITRI/JAWA POS ?? DARI BERBAGAI NEGARA: Teguh Puji Lestari menunjukka­n koleksi kartu pos yang berjumlah 500 lembar.
FITRI/JAWA POS DARI BERBAGAI NEGARA: Teguh Puji Lestari menunjukka­n koleksi kartu pos yang berjumlah 500 lembar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia