Jawa Pos

Suramadu Penuh Malam Ini

-

SURABAYA – Momen Lebaran telah usai. Masyarakat akan kembali ke rutinitas sehari-hari. Di Jembatan Suramadu, sudah banyak pengendara yang pulang dari Pulau Madura kemarin (8/6). Dari pengamatan Jawa Pos di lapangan, banyak pengendara berpelat di luar Surabaya yang melintas. Antara lain, pelat AE, AG, AD, AK, B, N, M, L, W, dan DK. Mereka juga terlihat membawa barang-barang di atas kap mobil.

Kondisi jalanan memang masih lengang. Namun, hal itu justru menjadi momentum bagi pengendara untuk pulang. Sebab, puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu malam (9/6). Pada hari itu, tentu saja jalanan lebih padat. ’’Saya pulang lebih awal untuk menghindar­i kemacetan,” tutur Faid, seorang pemudik.

Pria asal Madura yang bekerja di Surabaya itu berkaca pada pengalaman sebelumnya. Dia sempat terjebak macet selama 30 menit karena banyak pengendara yang melintas. Dia baru bisa bernapas lega setelah petugas kepolisian mengatur lalu lintas. Dia pun bisa segera sampai di tempat tinggalnya dengan selamat.

’’Puncak arus balik sepertinya akan mulai padat sore ini (kemarin sore, Red),” tutur Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Suramadu Iptu Sentot Sumadi. Dia menambahka­n, tahun lalu jalur tengah yang khusus untuk pengendara roda empat dibuka untuk mengurai kemacetan. ’’Itu biasa kami lakukan saat arus mudik maupun balik. Jika kondisinya darurat,” ucapnya.

Dia mengimbau pemudik untuk mengecek seluruh perlengkap­an kendaraan saat melintas di Jembatan Suramadu. Tujuannya, mencegah kendaraan mogok. Utamanya kendaraan roda empat. Sebab, jika hal itu terjadi, kelancaran laju kendaraan akan terganggu. ’’Mending kalau sudah dekat pintu tol. Kalau mogoknya di tengah gimana?” ungkapnya.

 ?? ALFIAN/JAWA POS ?? MULAI PADAT: Deretan kendaraan yang keluar dari Suramadu. Kepadatan ini tidak hanya disebabkan arus balik, tetapi juga kunjungan wisata.
ALFIAN/JAWA POS MULAI PADAT: Deretan kendaraan yang keluar dari Suramadu. Kepadatan ini tidak hanya disebabkan arus balik, tetapi juga kunjungan wisata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia