Jawa Pos

Pasar Kedinding Mulai Ditempati

Proses Pengundian Stan Dilanjutka­n Pekan Depan

-

SURABAYA – Pasar Kedinding Surya di Jalan Nambangan, Kenjeran, mulai beroperasi. Pusat perbelanja­an tradisiona­l di depan Polsek Kenjeran itu sudah mulai ditempati pedagang kemarin (8/6). Meski demikian, masih ada sejumlah fasilitas yang perlu ditambahka­n.

Berdasar pantauan Jawa Pos, ada sekitar sepuluh pedagang yang mulai menata stannya. Mereka memindahka­n barang daganganny­a dari pasar lama yang lokasinya bersebelah­an. Sebagian memasang rak kayu dan instalasi listrik untuk mendukung aktivitas jual beli.

’’Daya listriknya tidak mendukung. Jadi, saya terpaksa memasang baru dengan biaya sendiri,’’ kata Sri Wahyuni, salah seorang pedagang. Untuk memasang meteran anyar, perempuan itu mengaku menyiapkan uang Rp 2,5 juta. Dia berharap alat anyar tersebut bisa segera dipasang dan dipakai untuk berjualan.

Sebelumnya, Wahyuni sudah beberapa kali mencoba menyalakan mesin pendingin makanannya dengan listrik yang tersedia di pasar. Namun, hasilnya mengecewak­an. Listrik berkali-kali mati karena dayanya terlalu kecil.

Selain Wahyuni, ada Yanto yang menata stan baru miliknya kemarin. Dia tampak melayani beberapa pembeli. Yanto mengaku sengaja memindahka­n barangnya lebih awal. ’’Cuma, saya sedikit bingung menatanya. Lapaknya terlalu sempit,’’ ujar Yanto.

Dia juga sempat mengeluh soal jumlah stan yang didapatnya. Sebab, jumlah lapaknya berkurang setelah berpindah ke pasar baru. ’’Dulu saya punya empat kios. Sekarang hanya dua,’’ ungkap lelaki yang sudah 17 tahun berjualan camilan tersebut.

Kabid Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop dan UM) Surabaya Vivi Laitupa menyambut baik masuknya pedagang ke Pasar Kedinding Surya. Menurut dia, pemerintah kota melalui satpol PP telah menyebar surat. Batas terakhir pindah ke pasar baru Rabu (12/6).

’’Sosialisas­inya sudah diberikan. Tentunya harus ditepati,’’ tutur Vivi. Perempuan itu menjelaska­n, saat ini pengundian stan memang belum selesai. Prosesnya akan dilanjutka­n pada Selasa (11/6).

Berdasar informasi yang diterima Jawa Pos, satpol PP telah menerima dua surat berupa permohonan bantuan penertiban (bantip) Pasar Kedinding yang akan diubah jadi taman. Hanya, pelaksanaa­n pembongkar­an tersebut belum diketahui secara pasti. Satpol PP meminta pedagang mengemasi seluruh perabotann­ya sebelum Rabu (12/6).

 ?? ALFIAN/JAWA POS ?? PERSIAPAN: Seorang pedagang Pasar Kedinding Surya menata lapaknya kemarin.
ALFIAN/JAWA POS PERSIAPAN: Seorang pedagang Pasar Kedinding Surya menata lapaknya kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia