Jawa Pos

Tak Mau Repot, Pilih Berlibur di Hotel

-

SIDOARJO – Bukan hanya tempat wisata yang meraup keuntungan saat Lebaran. Hotel pun dipenuhi tamu. Tingkat okupansi hotel di Kota Delta naik.

Luminor Hotel Sidoarjo dan Favehotel di Jalan Jenggolo turut kecipratan rezeki. Sejak Ramadan ruangan di hotel tersebut dipenuhi tamu yang hendak buka puasa bersama. ’’Baru tahun ini ketemu Ramadan dan Lebaran. Sempat tidak ada tempat lagi untuk buka puasa,’’ ujar GM Hotel Luminor Sidoarjo Soesijanto.

Kondisi tersebut terus berlanjut hingga Lebaran. Kemarin (8/6) ada peningkata­n 45–65 persen. Sama seperti hotel lainnya. Pada hari H Lebaran kondisinya sepi. Namun, keesokan harinya sudah ramai lagi. ’’Lebaran ini tidak ada event besar. Cuma ada promo all you can eat masakan khas Lebaran,’’ kata Marketing Komunikasi Luminor Hotel Sidoarjo Karlina. ’’Kebanyakan keluarga yang makan siang, bukan ibu-ibu sosialita. Biasanya kan lunch didominasi ibu-ibu,’’ lanjutnya.

Selain menginap, banyak perusahaan atau komunitas yang mengadakan halalbihal­al di hotel. ’’Sudah banyak yang reservasi,’’ tutur Karlina. ’’Sehari dua sampai tiga yang reservasi untuk paket halalbihal­al,’’ tambahnya.

Kondisi serupa terlihat di Favehotel. ’’Tapi hari H sepi. Besoknya mulai naik lagi,’’ ujar Public Relation Favehotel Sidoarjo Aries Luhur. Nah, kemarin (8/6) okupansi hotel tersebut naik 36 persen. Pemesan ruangan untuk event pun mulai meningkat. ’’Untuk hari ini (kemarin, Red), total sudah ada yang reservasi untuk 340 orang di tiga ruangan,’’ paparnya. Yakni, satu di meeting room besar dan dua di meeting room medium. ’’Biar sinergis dengan tema Lebaran. Menu makanan seperti opor ayam dam pelengkapn­ya,’’ ucapnya.

Meski masih baru tahun ini ’’bertemu’’ Lebaran, pengunjung tetap banyak. Trennya mulai mirip Surabaya. Banyak yang memilih hotel sebagai tempat ngumpul yang asyik. ’’Tamu punya beberapa alasan. Misalnya, lebih simpel. Ada pula beberapa yang booking hotel karena tidak mau repot-repot lagi,’’ jelas Karlina. Sebab, mereka tidak harus membayar katering, sound system, entertainm­ent, dan dekorasi.

Banyak pendatang yang memilih tinggal lebih lama karena biaya tol tidak murah. Baru datang ketemu keluarga, tidak mungkin mau balik cepat.” ACHMADI SUBEKTI Ketua PHRI Sidoarjo

Tamu punya beberapa alasan. Misalnya, lebih simpel. Ada pula beberapa yang booking hotel karena tidak mau repot-repot lagi.” KARLINA Marketing Komunikasi Luminor Hotel Sidoarjo

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? NYAMAN: Dari kiri, Naya Inggita, Shila Waradibyan­ta, dan Raras Prakasita menginap di Hotel Neo+ Waru sejak Jumat (7/6). Mereka menginap di hotel untuk bertemu dengan keluarga.
DIMAS MAULANA/JAWA POS NYAMAN: Dari kiri, Naya Inggita, Shila Waradibyan­ta, dan Raras Prakasita menginap di Hotel Neo+ Waru sejak Jumat (7/6). Mereka menginap di hotel untuk bertemu dengan keluarga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia