Jawa Pos

Paling Oke Foto di Bulan Ketujuh

-

SURABAYA – Kehamilan menjadi momen berharga yang kerap diabadikan lewat maternity photo. Untuk mendapatka­n hasil yang bagus, selain menentukan tema, fotografer dan pasangan harus bisa mencari waktu yang tepat. Fotografer harus bisa mengambil momen ketika kondisi sang ibu dan janin stabil. Yakni, saat perut ibu sudah membentuk cukup besar. Biasanya, maternity photo bisa diambil saat kehamilan memasuki bulan ketujuh sampai kedelapan.

”Kalau kembar, malah sebelum itu fotonya mungkin bisa diambil,” ujar Dimas Prawira Hardja, fotografer. Dia menyaranka­n tema sederhana karena mengutamak­an kenyamanan sang ibu. ”Cenderung foto elegan dan cantik saja,” ucapnya. Dengan tema seperti itu, pemilihan baju tak terlalu susah. Sang ibu juga tidak perlu repot bergaya. Pemilihan baju tak perlu ribet hingga membuat sang ibu kegerahan. Yang penting, baju bisa memberikan aksen pada perut ibu.

Setelah menentukan pakaian yang digunakan, fotografer bisa menciptaka­n latar yang tepat. Jika memilih lokasi di studio, fotografer memang lebih leluasa menata latar. ”Tapi, ada yang minta di rumah juga agar ibu nggak perlu jalan-jalan,” tuturnya. Jika begitu, fotografer harus bisa memanfaatk­an lokasi yang ada. Dinding polos di rumah atau tembok penuh foto kenangan yang ditata secara artistik bisa jadi latar apik.

Menurut Dimas, sesi foto seperti itu biasanya memakan waktu 1–2 jam. Sebab, sang calon ibu tak boleh kelelahan. Apalagi jika keadaan agak terik. ”Kalau di studio, AC-nya bisa diakalin ya. Kalau di rumah, kasihan kegerahan,” kata pria 30 tahun tersebut.

 ?? DIMAS PRAWIRA FOR JAWA POS ?? KENANGAN: Ika Putri saat maternity photo beberapa waktu lalu.
DIMAS PRAWIRA FOR JAWA POS KENANGAN: Ika Putri saat maternity photo beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia