Jawa Pos

Pemudik Motor Turun, Kecelakaan Ikut Turun

Puncak Kemacetan Arus Balik Bisa Terjadi sampai Hari Ini

-

JAKARTA – Arus balik Lebaran sampai pada titik puncak. Jumlah kendaraan yang melewati tol mencapai lebih dari 50 ribu unit. Kemacetan mengular sepanjang 5 km di tol Cikampek. Karena itu, Korlantas Polri memperpanj­ang jarak dan waktu penerapan one way (satu arah).

Kabagops Korlantas Polri Kombespol Benyamin menuturkan, sesuai prediksi, puncak kemacetan terjadi kemarin. Penyebabny­a adalah para pegawai mulai masuk kerja hari ini (10/6). Hingga pukul 20.00 tadi malam, kemacetan di beberapa titik tol masih terjadi

”Kami memprediks­i kemacetan bisa terjadi hingga Senin subuh,” jelasnya. Sebab, ada kemungkina­n sebagian masyarakat memilih langsung berangkat bekerja setelah kembali ke Jakarta. ”Jadi, drop keluarga di rumah, setelah itu berangkat kerja. Bisa saja mereka memilih begitu,” terangnya.

Saat ini kemacetan paling parah terjadi di tol Cikampek sepanjang 5 km. Kondisi itu direspons polisi dengan memperpanj­ang jarak one way dari km 70 hingga km 20. Total jarak one way dari Kalikangku­ng hingga Cikampek mencapai 344km.”Saatinimas­ihdalampro­ses pembersiha­n untuk jalur A perpanjang­an one way,” tuturnya.

Jalur A yang akan diterapkan one way itu masih dilintasi kendaraan dari arah Jakarta. Karena itu, dilakukan pengalihan arus. Lalu, kendaraan di rest area perpanjang­an one way akan diarahkan keluar tol. ”Sampai semua bersih, prosesnya diperkirak­an membutuhka­n waktu satu jam hingga dua jam,” ujarnya.

Waktu one way akan menyesuaik­an dengan kondisi real time. Bisa jadi, one way diterapkan hingga tengah malam atau pagi. Bergantung pada kepadatan kendaraan arus balik. ”Kita hajar habishabis­anlah. Ini puncaknya kok,” paparnya. Masyarakat diminta tidak berhenti di rest area Cikampek. Hal itu bisa meringanka­n kemacetan di tol. ”Kalau istirahat di rest area tol Cipali saja,” paparnya kepada Jawa Pos kemarin.

Sementara itu, angka kecelakaan pada arus mudik dan balik 2019 hingga Minggu menurun jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Tahun lalu, kecelakaan mencapai 122 kejadian dengan 32 korban meninggal, 246 orang luka berat, dan 182 orang luka ringan. ”Penurunann­ya sampai 69 persen,” terangnya. Tahun ini, kecelakaan hanya 38 kejadian dengan 7 korban meninggal, 17 orang luka berat, dan 60 orang luka ringan. ”Penurunan ini disebabkan tol yang sudah selesai hampir sepanjang Pulau Jawa. Biasanya, kecelakaan terjadi di jalan non-tol,’’ terangnya.

Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) memprediks­i arus balik terjadi selama tiga hari, mulai 8 Juni hingga hari ini. Menurut data Jasa Marga, dari arah timur (GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama), ada 54.667 kendaraan yang masuk pada pukul 06.00 hingga 14.00. Pada pengamatan sebelumnya, 277.750 kendaraan masuk dari timur menuju Jakarta.

Dari arah barat, GT Cikupa, pukul 06.00 hingga 14.00, terdapat 16.836 kendaraan yang menuju Jakarta. Pada periode pengamatan sebelumnya, 99.127 kendaraan melalui GT Cikupa. Dari GT Ciawi, arah selatan menuju ibu kota, terpantau 11.402 kendaraan yang lewat. Pada hari sebelumnya, GT Ciawi dilewati 74.227 kendaraan.

Untuk penumpang kereta api, Daop 1 Jakarta mencatat ada 20.011 penumpang yang turun di Stasiun Gambir dan 24.029 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen. Di Bandara Halim Perdana Kusuma, pada Sabtu (8/6), tercatat 6.460 penumpang datang. Kemarin hingga pukul 19.40, ada 2.574 penumpang yang tiba di bandara di daerah Jakarta Timur itu. Jumlah lebih banyak terlihat di Bandara Soekarno-Hatta. Kemarin tercatat 30.147 penumpang datang. Untuk hari sebelumnya, ada 47.769 penumpang datang.

Kepala Posko Angkutan Lebaran Kemenhub Imran Rosyid mengungkap­kan, pengguna tol naik 63 persen daripada tahun lalu. Pada H+2, tercatat 451 ribu kendaraan menuju Jakarta. Kondisi di luar tol pun cukup padat. ”Kendaraan yang lewat non-tol naik 61 persen atau terdapat 328.669 kendaraan. Sedangkan sepeda motor turun 11,4persentah­unini.Hanya1,1juta unit,” ujarnya kemarin. Turunnya pengguna motor diindikasi menurunkan angka kecelakaan. Dari catatan yang diterima Imran, jumlah korban meninggal dunia 135 orang. Yang luka berat 95 orang dan 615 orang luka ringan.

Corporate Communicat­ions Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, Jasa Marga mencatat total 451.104 kendaraan kembali ke Jakarta sejak Jumat (7/6) hingga Sabtu pukul 24.00. ”Dengan jumlah lalu lintas selama dua hari arus balik ini, baru memenuhi 37 persen dari total lalu lintas mudik sebanyak 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 sampai H-7 Lebaran,” ucapnya. Karena itu, terdapat sisa 63 persen atau 765 ribu kendaraan yang belum melakukan perjalanan ke Jakarta.

Kemarin diprediksi merupakan puncak arus balik. Untuk rest area tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta, diberlakuk­an buka tutup. Menurut Irra, rest area yang dibuka tutup adalah rest area yang berpotensi menimbulka­n titiktitik kepadatan. ”Kami mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindar­i rest area tol Jakarta–Cikampek,” ujarnya.

Mobil Barang Masih

Dilarang Lewat Tol Untuk membantu meminimalk­an kepadatan lalu lintas, Direktorat Jenderal Perhubunga­n Darat melarang mobil barang melintasi tol hingga 12 Juni. Larangan itu berlaku bagi tol dari Jakarta hingga Semarang. ”Diperpanja­ng dua hari dari sebelumnya 10 Juni,” kata Dirjen Perhubunga­n Darat Budi Setiyadi. Budi juga menegaskan bahwa perpanjang­an tersebut bersifatim­bauan.Tolyangdik­enaipembat­asan operasiona­l mobil barang hanya pada ruas Jakarta–Cikampek–Palimanan–Kanci–Pejagan– Pemalang–Batang–Semarang.

Budi menjelaska­n, mobil barang yang dikenai pembatasan operasiona­l adalah mobil dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, dan kereta gandengan. Selain itu, yang digunakan untuk mengangkut bahan galian. ”Pembatasan operasiona­l dikecualik­an bagi mobil barang pengangkut motor dalam rangka mudik dan balik gratis angkutan Lebaran, pengangkut bahan bakarminya­kataubahan­bakargas, barang ekspor dan impor dari dan ke pelabuhan ekspor atau impor, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang, serta barang-barang pokok seperti beras,” bebernya.

Di sisi lain, peningkata­n arus balik di stasiun terlihat sejak H+2 dan H+3Lebaran.Secarakumu­latif,terjadi peningkata­n jumlah penumpang 9,67 persen sejak H-10 hingga H+3 Lebaran. Tahun ini ada 4.428.261 penumpang. Tahun lalu hanya 4.037.654 penumpang. VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo mengatakan, KAI sudah mengantisi­pasi dengan menambah petugas posko stasiun. ”Petugas dari internal KAI, relawan, personel TNI-Polri, Pramuka, komunitas, dan lainnya,” jelas Edy.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? GRATISAN: Pemudik bermotor yang menggunaka­n KM Dobonsolo siap melanjutka­n perjalanan setiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin (9/6). KM Dobonsolo mengangkut 1.542 orang peserta mudik-balik gratis sepeda motor yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS GRATISAN: Pemudik bermotor yang menggunaka­n KM Dobonsolo siap melanjutka­n perjalanan setiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin (9/6). KM Dobonsolo mengangkut 1.542 orang peserta mudik-balik gratis sepeda motor yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? MASUK KERJA LAGI: Para pemudik turun dari kereta api Gajayana Malang–Jakarta di Stasiun Pasar Senen kemarin (9/6).
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS MASUK KERJA LAGI: Para pemudik turun dari kereta api Gajayana Malang–Jakarta di Stasiun Pasar Senen kemarin (9/6).
 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ?? Sumber: siasati.dephub.go.id dan Polri, diolah
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS Sumber: siasati.dephub.go.id dan Polri, diolah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia