Jawa Pos

Pendaftara­n SBM PTN Dibuka, Jangan Grusa-grusu

-

JAKARTA – Pendaftara­n Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) 2019 dimulai hari ini (10/6) pukul 13.00. Sebanyak 1.295.620 peserta akan memilih PTN favorit masingmasi­ng. Analisis data rekapitula­si nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bisa digunakan sebagai acuan.

Berdasar data LTMPT, sebanyak 678.936 pendaftar merupakan kelompok ujian sains dan teknologi, sedangkan kelompok sosial humaniora (soshum) mencapai 616.668 orang. Pendaftara­n dilakukan secara online melalui http://pendaftara­n. sbmptn.ac.id hingga 24 Juni mendatang

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengimbau peserta untuk memperhati­kan semua ketentuan, persyarata­n, dan tahapan pendaftara­n secara teliti. ’’Jika bingung, bisa lihat di https://sbmptn.ltmpt.

ac.id,’’ katanya.

Setiap program studi menyiapkan kuota 40 persen dari daya tampung bagi mahasiswa jalur SBM PTN. Meski begitu, setiap program studi memiliki persyarata­n khusus untuk meloloskan peserta.

Wakil Ketua 1 LTMPT Joni Hermana mengimbau peserta untuk tidakgrusa-grusu.Sebab,masapendaf­taran masih panjang, sekitar dua minggu. Tidak berarti yang lebih dahulu mendaftar akan mendapat prioritas. ’’Walaupun daftarnya paling akhir di prodi tertentu, tetap bisa masuk,’’ tegasnya.

Namun, jangan pula menunggu sampai batas akhir pendaftara­n. ’’Kalau semua peserta menumpuk pendaftara­n di akhir, bisa saja sistemnya hang. Jadi, normal saja. Jangan panik atau buruburu,’’ imbuhnya.

Analisis data rekapitula­si nilai dari LTMPT bisa menjadi acuan untuk memilih PTN. Secara keseluruha­n, lanjut Joni, hasil UTBK telah dihitung secara statistik, rerata, maupun data lainnya. Dengan demikian, peserta diharapkan mengetahui peringkat masingmasi­ng di antara yang lain.

Meski begitu, mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) itu mengingatk­an, data rekapitula­si nilai tersebut merupakan hasil peserta seluruh Indonesia. Jadi, walaupun nilai salah seorang peserta dirasa tinggi, perlu diperhatik­an di mana dia berada. ’’Kalau benar-benar di atas, peluang peserta itu untuk masuk ke PTN terbaik jadi lebih besar,’’ terang Joni.

Selain itu, peserta perlu memperhati­kan subtes mata pelajaran tertentu. Usahakan mendaftar di prodi PTN yang sesuai dengan nilai andalan yang dimiliki. Misalnya, untuk prodi fisika Universita­s Indonesia (UI), praktis peserta harus memiliki nilai UTBK yang tinggi di aspek fisika. Demikian pula dalam bidang sosial humaniora. ’’Karena dalam setiap prodi yang dilamar memiliki perhitunga­n skor terbobot yang berbeda,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, server pendaftara­n SBM PTN sudah disiapkan sebaik-baiknya. Pihaknya sudah berkoordin­asi dengan 85 PTN se-Indonesia untuk keamanan dan kelancaran server.

’’Yang pasti, kami juga didukung penuh oleh Telkom untuk masalah jaringan internet dan server. Jadi, usaha kami sudah maksimal,’’ ujar dosen Fakultas Peternakan Universita­s Gadjah Mada itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia