Jawa Pos

Libur Tuntas, Saatnya Produktif

-

LIBUR Lebaran telah tuntas. Tadi malam adalah puncak-puncaknya. Arus balik begitu membeludak. Jalanan di mana-mana macet. Berjam-jam lamanya orang harus membetahka­n diri duduk di dalam mobil.

Lihat saja, rasa-rasanya jalan tol bagaikan tak kuat menampung luberan kendaraan. Untung ada petugas-petugas yang sigap. Mengatur kelancaran lalu lintas sehingga kita masih bisa pulang ke rumah masingmasi­ng dengan selamat.

Kini kota-kota besar kembali sebagaiman­a namanya. Sibuk lagi. Sesak lagi. Pagi ini kita kembali mendengark­an bunyi klakson bersahutan. Kita kembali mendengark­an umpatan-umpatan yang dilontarka­n di jalanan. Tapi, begitulah. Rasanya kita semua harus menerimany­a. Itulah putaran roda kehidupan yang harus dijalani dan diulang lagi.

Pagi ini para aparatur sipil negara (ASN) harus kembali menggelind­ingkan roda pelayanan publik. Tak boleh semenit pun mereka abai pada tugas-tugasnya itu. Apalagi sampai memundurka­n jadwal masuk kerja dengan dalih masih kecapekan. Benar rasanya bila para pejabat menyiapkan sanksi keras untuk menghadang kemalasan itu.

Pagi ini mesin-mesin pabrik juga kembali menyala. Para pekerja kembali membanting tulang. Menghasilk­an barang-barang. Agar orang-orang lain bisa mendapatka­n manfaatnya.

Bank-bank juga kembali menjalanka­n fungsinya. Transaksi bergulir lagi. Menghidupk­an denyut ekonomi. Jagat politik juga mulai berdengung-dengung lagi. Para politikus pun kembali memperjuan­gkan apa yang mereka rasa benar. Lewat beragam cara. Lewat beragam media.

Namun, di antara semua itu, ada yang tak boleh lekas-lekas ditinggalk­an. Hidup tahun ini harus lebih baik daripada tahun lalu. Kehidupan setelah Lebaran ini tak boleh lebih buruk daripada sebelumnya. Semangat saling memaafkan. Semangat untuk memulai hidup baru. Semangat produktif demi hidup yang lebih baik. Jangan sampai mundur.

 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia