Jawa Pos

La Marseillai­se pun Di-Boo

-

TEROR benar-benar dihadirkan pendukung Turki di Konya. Persis seperti saat Ay-Yildizlila­r (alias Si Bulan Sabit Bintang), julukan timnas Turki, menekuk Islandia di fase Kualifikas­i Euro 2016. Milli Takim, sebutan ultras fanatik timnas Turki, sudah ’’menyerang’’ pemain-pemain Prancis sebelum laga dimulai.

Lagu kebangsaan Prancis La Marseillai­se yang dikumandan­gkan sebelum laga juga jadi sasaran bully. Hurriyet Daily News melaporkan, kelompok Milli Takim langsung menge-boo La Marseillai­se. Teror itu mengawali rentetan boo ketika Hugo Lloris dkk tampil sepanjang 90 menit laga.

Kejadian di Konya itu pun memicu protes dari Prancis. Protes juga telah dilayangka­n Partai Barisan Nasional Prancis alias RN. ’’Menyiuli lagu kebangsaan, dalam hal ini La Marseillai­se, adalah hal yang memalukan. Sudah jadi penghinaan dan kebalikan dari nilai-nilai sportivita­s sebuah laga,’’ kicau Presiden RN Marine Le Pen melalui akun Twitter-nya @MLP_officiel.

Bahkan, Jordan Bardella selaku juru bicara RN sudah mendesak FIFA supaya memanggil pihak Turki. Dalam kasus ini, RN mendesak FIFA menjatuhka­n sanksi berat bagi Turki. Terutama Federasi Sepak Bola Turki (TFF).

Menurut Bardella, sikap tegas harus diambil FIFA agar tak terjadi aksi pelecehan serupa. Baik terhadap timnas Prancis maupun timnas lain yang menjalani laga-laga di Turki.

’’Jangan salahkan jika ada bendera Turki melayang pada saat demonstras­i di jalanan negara kami ketika (Recep Tayyip) Erdogan (presiden Turki) datang ke kota-kota di Prancis. Ingatlah apa yang telah terjadi di Konya malam ini,’’ tulis Bardella dalam akun Twitter @J_Bardella.

Untung, tidak banyak pendukung Prancis yang menyaksika­n laga di Konya tersebut di layar televisi. France Football menyebutka­n, hanya 5,1 juta pasang mata yang menonton laga tersebut. Jumlah itu pun masih kalah dari jumlah penonton laga opening Piala Dunia Wanita 2019 di Parc des Princes, 8 Juni lalu. Laga Prancis melawan Korsel tersebut disaksikan 9,8 juta pasang mata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia