Jawa Pos

Spanyol-Portugal Calon Host PD 2030

-

PIALA Dunia (PD) 2030 akan menjadi penanda seabad bergulirny­a turnamen sepak bola paling akbar. Ada beberapa negara yang tertarik menjadi tuan rumah. Teranyar, rencananya, Spanyol dan Portugal berkolabor­asi sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, Spanyol menggelar Piala Dunia pada 1982 dan jadi tuan rumah Euro 1964. Sementara itu, tetangga Spanyol, Portugal, menjadi host Euro 2004. ’’Setelah pertemuan mendalam antara federasi sepak bola Spanyol dan Portugal, terkonfirm­asi bahwa keduanya menjajaki kemungkina­n untuk menjadi tuan rumah bersama pada PD 2030,” tulis Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dalam laman resminya.

Plt Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez sebetulnya ingin mengganden­g satu lagi tetangga mereka. Yakni, Maroko. Namun, rencana tiga negara yang berbeda benua itu urung terjadi.

Sebagaiman­a diberitaka­n Reuters kemarin (9/6), pesaing duet Spanyol-Portugal tersebut datang dari kuartet negara Amerika Latin (Cile, Uruguay, Paraguay, dan Argentina) serta duo Britania (Inggris dan Rep Irlandia).

Empat negara Latin menjadi pendeklara­si pertama soal minat merekaseba­gaihostPD2­030.KhususnyaU­ruguayyang­punyakepen­tingan histori. Sebab, di PD edisi pertamapad­a1930,merekaadal­ah tuan rumah sekaligus juaranya.

Untuk Inggris dan Rep Irlandia, yang paling ngotot menang dalam proses bidding adalah Inggris. Mereka kali terakhir menggelar PD pada 1966. Event mayor lainnya adalah Euro 1996. ’’Inggris ingin menutupi dua kekalahan dalam bidding PD sebelumnya. Pada bidding PD 2006, mereka kalah oleh Jerman. Lalu, di PD 2018, Inggris kalah oleh Rusia,” tulis Daily Mail.

 ?? INEWS ?? MEMADAI: Stadion Wanda Metropolit­ano yang menjadi host final Liga Champions 2019 menjadi salah satu calon venue andalan Spanyol.
INEWS MEMADAI: Stadion Wanda Metropolit­ano yang menjadi host final Liga Champions 2019 menjadi salah satu calon venue andalan Spanyol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia