Jawa Pos

Tidak Harus Kuat & Kencang

Triatlon terkadang dipilih karena runners butuh tantangan lain. Tapi, tidak bagi Martha Adwityasth­i. Dia mengaku dijebak untuk terjun ke triatlon.

- (nap/c18/tia)

Kata Martha Adwityasth­i, Dia Dijebak ke Triatlon

Berbeda dengan maraton, saya mendapatka­n sensasi yang lebih saat turun di triatlon.” Martha Adwityasth­i penggemar triatlon Jakarta

IBU muda asal Jakarta ini memang doyan mengikuti aktivitas olahraga sejak kecil. Tapi, berkecimpu­ng di dunia triatlon tak pernah terbersit di pikirannya. Martha terbilang baru aktif di tiga cabang olahraga itu (swim-bike-run).

Tahun 2018, untuk kali pertama dia merasakan sensasi triatlon pada acara minitri yang digelar komunitas triatlon terbesar di Indonesia, Triathlon Buddies (Tribuds). ’’Di Tribuds itu ada guyonan, turun karena dijebak atau emang dia ambisius banget. Nah, kalau saya emang dijebak, tapi sukarela,” katanya di sela-sela mengikuti Super League Triathlon, Maret lalu. Namun, alih-alih kapok, perempuan 37 tahun itu ketagihan setelah kali pertama merasakan minitri pada 2018. Memang, meskipun hanya simulasi lomba triatlon sesungguhn­ya, minitri kerap jadi persinggah­an pertama buat newbie seperti Martha. Tak sedikit alumnus minitri yang kini sering terlihat dalam race triatlon yang digelar di sejumlah kota di Indonesia. Di Tribuds, para member atau alumnus minitri memang sering mendapatka­n tantangan selanjutny­a. Mereka juga dikompori untuk turun di race sesungguhn­ya. Untung, bersama komunitas, mereka juga sering menggelar latihan bersama. ’’Jadinya sebelum turun di race sudah dapat atmosfer lomba, jadi nggak kaget,” jelas Martha. Adaptasi ketika pergantian antara renang, sepeda, dan lari menjadi menu utama saat mereka menggelar latihan bersama. Kondisi itu sangat membantu Martha sebelum ambil bagian dalam race.

’’Sekarang jatuhnya, dari terjebak jadi makin penasaran,’’ ucapnya. Martha sudah membuktika­n bahwa ikut triatlon tidak harus mereka yang kuat dan kencang. Sebab, manajemen tiga leg (cabor) menjadi salah satu kunci penting.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/JAWA POS
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SELARAS:BuatMartha,manajemena­ntaralari, renang, dan sepeda kunci penting triatlon.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SELARAS:BuatMartha,manajemena­ntaralari, renang, dan sepeda kunci penting triatlon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia