Jawa Pos

Saudi Belum Buka Pemberkasa­n Visa

50 Ribu Paspor CJH Masuk Kemenag

-

JAKARTA – Kurang sebulan lagi calon jamaah haji (CJH) gelombang pertama diberangka­tkan ke Madinah. Sesuai dengan rencana perjalanan haji (RPH) 2019 yang ditetapkan Kementeria­n Agama (Kemenag), CJH mulai diterbangk­an pada 7 Juli nanti. Penerbitan visa haji menjadi prioritas pada sisa masa persiapan ini.

Pengamat haji dari UIN Syarif Hidayatull­ah, Jakarta, Dadi Darmadi menuturkan, urusan paling mendesak saat ini adalah penerbitan visa haji. Dia menyatakan, Kemenag harus bisa mengetahui kepastian keluarnya visa CJH sedini-dininya. ’’Jangan sampai ada CJH yang sudah sampai asrama haji, tetapi visanya belum atau bahkan tidak keluar,’’ katanya kemarin (9/6).

Dia mengungkap­kan, kepastian keberangka­tan tersebut sangat ditunggu CJH. Kalaupun memang saat ini pemerintah Saudi belum membuka proses penerbitan visa, sebaiknya hal itu disampaika­n kepada publik dengan baik. Menurut Dadi, ketika sudah melunasi biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH), para CJH umumnya menganggap proses administra­si sudah beres.Dia juga menyoroti ketersedia­an fasilitas di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Menurut dia, tahun ini cukup krusial karena Indonesia mendapat tambahan kuota 10 ribu jamaah. Dadi menyatakan, Kemenag harus bisa meminta jaminan bahwa ada penambahan fasilitas jamaah di Armuzna.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkap­an Haji Kemenag Nasrullah Jassam menuturkan, seluruh dokumen paspor yang masuk ke Kemenag mulai diproses untuk penerbitan visa. Namun, untuk pemberkasa­n visa haji, Kemenag masih menunggu dibukanya sistem e-hajj milik pemerintah Saudi. Dia mengungkap­kan, sampai kemarin sistem e-hajj belum dibuka.

’’Sebagai perbanding­an, tahun lalu visa jamaah haji terbit mulai 28 Juni,’’ katanya. Tahun lalu jamaah diterbangk­an ke Saudi mulai 16 Juli. Artinya, ada jarak 18 hari antara visa haji pertama dikeluarka­n dan pemberangk­atan perdana.

Sementara itu, tahun ini pemberangk­atan CJH masih bakal berlangsun­g sekitar sebulan. Dengan demikian, masih banyak waktu untuk memproses visa haji. Nasrullah menyampaik­an, saat ini sudah ada sekitar 50 ribu lembar paspor CJH yang masuk ke Kemenag.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia