Jawa Pos

Ratusan Kendaraan Roda Empat Keluar dari Tanjung Perak

-

SURABAYA – Lonjakan penumpang arus balik Lebaran terasa di Pelabuhan Tanjung Perak. Kemarin (9/6) diperkirak­an puncak arus balik karena hari ini pegawai dan karyawan mulai masuk setelah libur Lebaran. Tercatat lebih dari 2 ribu orang meninggalk­an Surabaya kemarin. Selain penumpang, ada ratusan kendaraan roda empat yang diangkut ke luar pulau. Kendaraan itu milik warga yang balik ke tempat kerja setelah mudik di kampung halaman.

Kendaraan tersebut dimasukkan ke KM Kirana IX. Selain kendaraan pribadi, kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) itu mengangkut truk trailer yang memuat bahan makanan. Kapal diprediksi menempuh perjalanan selama 20 jam untuk sampai Banjarmasi­n.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut Operasi dan Usaha Kepelabuha­nan Kantor OP Utama Tanjung Perak Sadeli menjelaska­n, situasi di Pelabuhan Tanjung Perak memang berbeda kemarin. Ada pengiriman kendaraan kali pertama setelah Lebaran. Sadeli memprediks­i, jumlah kendaraan yang keluar dari Tanjung Perak terus bertambah.

”Hari ini (kemarin, Red) kapal ro-ro beroperasi lagi setelah libur Lebaran,” kata Sadeli. Dia menyatakan sudah berkoordin­asi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk memantau pengiriman kendaraan. Ada pengecekan ketat saat mobil hendak dimasukkan ke kapal.

Sementara itu, aktivitas di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Juanda kemarin (9/6) tampak padat. Baik di area kedatangan maupun keberangka­tan. Lonjakan arus balik pada H+4 Lebaran mulai terlihat. Antrean juga tampak di tempat check-in.

Humas Angkasa Pura I Yuristo Hanggoro mengatakan, total penumpang Bandara Juanda pada H+3 Lebaran berjumlah 55 ribu. Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding H+2 Lebaran Jumat (7/6), hanya 40 ribu penumpang.(hen/nas/c6/c15/end)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENUH TERUS: KM Dorolonda mengangkut ribuan penumpang tujuan Makassar. Banyak pemudik yang akan balik ke kota tempat tinggal hingga akhir Juni.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENUH TERUS: KM Dorolonda mengangkut ribuan penumpang tujuan Makassar. Banyak pemudik yang akan balik ke kota tempat tinggal hingga akhir Juni.
 ?? HARYANTO TENG / JAWA POS ?? MULAI RAMAI: Bandara Juanda tidak lagi sepi karena dipadati oleh para pemudik yang balik ke tempat tinggal setelah pulang kampung.
HARYANTO TENG / JAWA POS MULAI RAMAI: Bandara Juanda tidak lagi sepi karena dipadati oleh para pemudik yang balik ke tempat tinggal setelah pulang kampung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia