Jawa Pos

Bukan Hanya PNS, tapi Juga Honorer

-

SURABAYA – Bukan hanya kehadiran melalui presensi fingerprin­t, kehadiran fisik pegawai di Pemkot Surabaya juga akan dicek. Sebab, dikhawatir­kan, setelah melakukan presensi, mereka keluyuran ke luar kantor. Puluhan petugas Inspektora­t Kota Surabaya akan diterjunka­n untuk pengawasan tersebut pada hari ini (10/6).

Bukan hanya pegawai negeri sipil (PNS) yang dicek kehadirann­ya, tapi juga pegawai kontrak atau honorer yang diharuskan hadir pada hari pertama masuk kerja seusai libur panjang Lebaran. Kepala Inspektora­t Surabaya Sigit Sugiharson­o mengungkap­kan, data kehadiran pegawai pemkot itu sudah bisa didapatkan pada pagi hari di Badan Kepegawaia­n dan Diklat Surabaya. Sebab, sistem sudah dibuat secara online. Nah, data kehadiran tersebut tetap akan dicek di lapangan.

”Semua anggota inspektora­t sekitar 50 orang nanti turun menyebar. Di kelurahan, kecamatan, dan di kantor organisasi perangkat daerah (OPD),” ujar Sigit kemarin (9/6).

Tahun lalu tak kurang dari 30 pegawai ditemukan tidak berada di tempat kerja saat sidak oleh tim inspektora­t. Bukan hanya pegawai itu yang dipanggil, tapi juga atasannya untuk diklarifik­asi. ”Saat itu kami minta atasannya seperti camat dan lurah bikin pernyataan. Bukan hanya pegawai yang tak ada di tempat itu,” beber Sigit.

Selain itu, sudah ada surat edaran agar para pegawai bisa masuk kerja hari ini dari sekretaris daerah Kota Surabaya. Disertai pula sanksi pemotongan tunjangan kinerja hingga 2 persen.

Dengan begitu banyaknya imbauan dan perintah serta sanksi, Sigit yakin para pegawai tidak akan berani membolos atau menambah libur Lebaran. Sebab, disiplin untuk para pegawai kini sudah begitu melekat.

”Saat hari kecepit sebelum Lebaran itu juga hanya dua yang tidak masuk. Setelah Lebaran ini akan kami panggil untuk dimintai keterangan. Kami belum tahu tidak masuknya karena sakit atau bolos,” ujar Sigit.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? PENGAWASAN: Hari ini ASN masuk kantor. Inspektora­t akan mengerahka­n 50 pengawas untuk mengecek kehadiran ASN.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PENGAWASAN: Hari ini ASN masuk kantor. Inspektora­t akan mengerahka­n 50 pengawas untuk mengecek kehadiran ASN.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia