Jawa Pos

Si Jago Merah Melalap Rumah dan Mobil

-

SURABAYA – Warga harus mewaspadai aksi si jago merah selama musim kemarau ini. Kemarin dalam tempo 24 jam, terjadi kebakaran di dua lokasi berbeda di kawasan timur Surabaya. Insiden pertama, api melalap bangunan lantai 2 rumah di Jalan Bronggalan Sawah. Api juga membakar sebuah mobil di Perumahan Wisma Permai. Tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa tersebut.

Lima unit mobil dinas pemadam kebakaran (PMK) iring-iringan menuju kawasan Jalan Bronggalan Sawah Sabtu malam (8/6). Penyebabny­a, salah satu rumah dilalap si jago merah. Peristiwa itu terjadi Sabtu (8/6) pukul 18.15.

Saat itu, Yuliati, penghuni rumah, sedang leyeh-leyeh di kamar di lantai 1. Tiba-tiba, terdengar benda berjatuhan dari ruangan lantai 2. Awalnya, dikira benda jatuh biasa. Namun, korban mulai curiga. Sebab, suara jatuhnya benda itu terdengar berkali-kali. ”Saya langsung cek ke lantai 2. Nggak taunya kebakaran itu. Asap sudah pekat,” katanya.

Penduduk sekitar yang mengetahui adanya kobaran api langsung mendatangi rumah Yuliati. Sambil membawa peralatan seadanya, mereka bahumembah­u memadamkan si jago merah. Jodi, salah seorang warga, mengungkap­kan, titik api berasal dari di ruang tengah lantai 2.

Kabid Operasiona­l Dinas PMK Bambang Vistadi mengatakan, pihaknya menerjunka­n 5 unit armada dari Rayon II Tambak Rejo dan Pos Mulyorejo. Mobil PMK sempat kesulitan saat mengakses gang. Sebab, lebar jalan hanya 3–4 meter. Petugas memarkir mobil damkar di depan gang IV F dan menggunaka­n slang untuk pemadaman.

Kanitreskr­im Polsek Tambaksari Iptu Didik Ariawan mengatakan, dari hasil olah TKP, penyebab sementara adalah percikan api yang muncul di tiang listrik. Posisinya berada di atas rumah korban. ”Tidak ada kaitannya dengan terkena kembang api. Dugaan karena korsleting,” ujarnya.

Sementara itu, Soejono, 65, harus menunda keinginan untuk unjung-unjung ke sanak saudara kemarin. Mobil Daihatsu Zebra nopol L 1047 QQ miliknya dilalap si jago merah setelah mesin dinyalakan. Kebakaran tersebut terjadi di depan rumahnya, kawasan Perumahan Wisma Mukti. Beruntung, korban mengetahui hal itu sebelum merembet membakar penuh mobil.

Bambang mengatakan, insiden itu terjadi pukul 09.10. Sumber api berasal dari area mesin. Korban baru tahu mobilnya terbakar setelah muncul asap di bagian kap dan dasbor mobil. ”Pertama dinyalakan tidak terjadi apa -apa,” tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? TIDAK ADA KORBAN JIWA: Ruangan lantai 2 rumah di Bronggalan Sawah yang terbakar Sabtu malam (8/6).
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS TIDAK ADA KORBAN JIWA: Ruangan lantai 2 rumah di Bronggalan Sawah yang terbakar Sabtu malam (8/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia