Jawa Pos

Layanan SIM dan Samsat Buka Hari Ini

-

SIDOARJO – Libur Lebaran sudah berakhir. Mulai hari ini (10/6) semua pelayanan publik kembali dibuka. Tidak terkecuali pelayanan SIM dan pajak kendaraan.

Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mengantisi­pasi membeludak­nya pengurus. Maklum, pelayanan sempat libur cukup lama. Layanan SIM, misalnya. Layanan tersebut dihentikan sejak Kamis (30/5). ’’Lebih dari satu pekan,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (9/6).

Fahrian menuturkan, jam operasiona­l bakal dibuka lebih awal daripada biasanya pukul 08.00. Yakni, lebih cepat satu jam. ’’Kecuali SIM Corner. Tetap menyesuaik­an jam operasiona­l mal,’’ katanya. Meski begitu, petugas tetap akan berjaga sejak pagi untuk mengatur antrean pengurus.

Menurut dia, warga yang mau melakukan perpanjang­an tidak perlu khawatir telat. Jajarannya memberikan dispensasi selama satu pekan. ’’Jadi, SIM yang masa hidupnya sudah habis tetap bisa melakukan perpanjang­an,’’ jelasnya.

Berbeda dengan SIM, dispensasi pengurusan pajak kendaraan akan lebih singkat. Bapenda Jatim hanya memberikan waktu satu hari bagi pengurus pajak yang jatuh temponya bertepatan dengan libur pelayanan. Di luar itu, pemilik bakal mendapat denda keterlamba­tan.

Fahrian menuturkan, kebijakan tersebut mendapat atensinya. Dia memprediks­i konsentras­i warga bakal lebih tinggi di samsat. Jadi, pihaknya perlu menyiapkan antisipasi lain jika memang diperlukan. Antara lain, menambah jumlah petugas.

Bukan hanya itu, menurut alumnus Akpol 2005 tersebut, jam operasiona­l juga akan ditambah. Fahrian mengatakan, pelayanan bakal dibuka sampai sore. ’’Bisa sampai pukul 15.00 kalau memang masih ada yang antre mengurus,’’ ungkapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia