Jawa Pos

Kreasi Buket Bunga dari Kertas Krep

-

SURABAYA – Berkreasi dengan buket bunga memang tidak pernah habis. Misalnya, yang dilakukan Rivera. Karena kecintaann­ya dengan bunga sejak kecil, dia membuat sendiri bunga dari bahan kertas krep. Meski terbuat dari kertas, bunga buatannya bisa dibilang sangat mirip dengan bunga asli. Sebab, dia benar-benar mempelajar­i inci demi inci detail dari bungabunga yang akan dibikinnya.

Sampai kemarin (9/6), Vera –sapaan Rivera– menyatakan bisa membuat delapan jenis bunga. Yakni, bunga peony,

mawar, matahari, tulip, cosmos,

gerbera, lili, dan carnation.

’’Kemarin juga sempat bikin kreasi bunga pompom,’’ ucapnya saat ditemui di rumahnya di Wisata Bukit Mas.

Sebelum berfokus pada bunga-bunga kertas, perempuan 21 tahun itu menekuni dunia merangkai bunga sejak 2015. ’’Dulu masih pakai bunga segar. Yang bunga krep ini baru enam bulan terakhir,’’ cerita Vera. Dia mulai berkreasi dengan membikin bunga dari kertas HVS. ’’Nah, kalau pakai kertas HVS, hasilnya masih kayak mainan,’’ katanya.

Hingga akhirnya, dia menemukan kertas krep yang tampilanny­a bisa sangat mirip dengan bunga asli. Namun, sampai sekarang kertas krep susah ditemukan di Indonesia. ’’Aku impor langsung dari Tiongkok,’’ ujarnya.

Pembuatan bunga dari kertas krep ternyata tidak sesulit yang dibayangka­n. Vera belajar otodidak dari internet. ’’Teknik dasarnya sebenarnya sama. Kayak pengulanga­n gitu. Yang berbeda cuma di pola dan cara tarikannya. Semua bentuk pola awal kayak daun,’’ jelasnya.

Jadi, kertas yang sudah digunting sesuai dengan pola kelopak bunga tersebut akan ditarik mengikuti jenis bunga yang dibuat. Perempuan kelahiran Surabaya, 25 Juli 1997, itu butuh waktu sekitar tiga bulan untuk menyempurn­akan keahlianny­a membikin berbagai macam jenis bunga tersebut.

Vera menuturkan, meski berbahan dasar kertas, bunga itu tidak mudah sobek. ’’Selama aku mengisi workshop, orangorang agak takut saat narik.

Takut sobek. Jadi, tarikannya kurang kenceng. Padahal, nggak

apa-apa,’’ tuturnya.

Untuk membuat satu bunga kertas, dibutuhkan waktu 15–60 menit. ’’Yang paling cepet bikin tulip. Paling lama bikin bunga matahari. Soalnya, kelopaknya mesti dibikin satu-satu dan banyak,’’ terang Vera.

Kreasi bunga dari kertas krep buatan Vera mendapat respons positif dari customer. ’’Kalau ditawari mau bunga yang fresh atau yang kertas, banyak yang milih bunga kertas karena yang bunga asli udah

biasa,’’ tandasnya. Bunga dari kertas lebih handmade dan punya sisi unik.

 ?? FOTO-FOTO: MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? SEPERTI BUNGA ASLI: Kreasi buket yang berbahan kertas krep bikinan Rivera ini sekilas terlihat seperti bunga segar.
FOTO-FOTO: MARIYAMA DINA/JAWA POS SEPERTI BUNGA ASLI: Kreasi buket yang berbahan kertas krep bikinan Rivera ini sekilas terlihat seperti bunga segar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia