Jawa Pos

Diperiksa KPK Lagi, Nicke Ditanya Tupoksi

-

DIRUT PT Pertamina Nicke Widyawati kemarin menjalani pemeriksaa­n di Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Dia bersaksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi PLTU Mulut Tambang Riau 1 Sofyan Basir.

Nicke diperiksa lantaran pernah menjabat direktur perencanaa­n korporat PT PLN saat Sofyan mejabat Dirut di perusahaan tersebut

Tidak banyak yang disampaika­n Nicke setelah keluar dari ruang pemeriksaa­n. Dia hanya menyebutka­n bahwa pemeriksaa­n dirinya masih sama dengan sebelumnya.

’’Nggak banyak berubah,’’ katanya. ’’Ditanya seputar tupoksi sebagai direktur perencanaa­n saja waktu saya menjabat,’’ tambahnya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah pun menyampaik­an, orang nomor satu di PT Pertamina itu diperiksa terkait dengan tugasnya saat bekerja di PLN. Khususnya yang berhubunga­n dengan PLTU Mulut Tambang Riau 1. Sebab, proyek itu direncanak­an ketika Nicke masih bekerja di perusahaan tersebut.

’’Bagaimana proses internal PLN untuk persetujua­n atau menjelang persetujua­n kontrak kerja sama PLTU Riau 1 tersebut,’’ terang Febri. Selain itu, kaitan proyek PLTU Mulut Tambang Riau 1 dengan RUPTL 2016–2017 juga ditanyakan.

Sebagai saksi Sofyan, Nicke sudah tiga kali diperiksa KPK. Dalam surat dakwaan untuk terpidana Eni Maulani Saragih, nama Nicke memang sempat disebut, yakni dalam pertemuan di Hotel Fairmount. Selain itu, Nicke disebut pernah ikut dalam pertemuan antara Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan Santoso dan Johanes Budisutris­no Kotjo.

Febri memastikan instansiny­a bergerak cepat untuk menuntaska­n penyidikan terhadap Sofyan. Hari ini (11/6) KPK berencana memeriksa Sofyan. Kali ini Sofyan bakal diperiksa lagi sebagai tersangka. ’’Nanti kalau ada beberapa hal yang perlu dikonfirma­si atau diklarifik­asi penyidik, akan diproses lebih lanjut,’’ ujarnya.

Dalam kasus itu, Sofyan diduga telah menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Dia diduga menerima hadiah atau janji tersebut bersama Eni dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia