Jawa Pos

Dipanggil, Sofjan Jacob Sakit

Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Tersangka Makar

-

JAKARTA – Polda Metro Jaya menetapkan mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (pur) M. Sofjan Jacob sebagai tersangka dugaan makar. Sejatinya, dia harus diperiksa kemarin. Namun, yang bersangkut­an tidak hadir karena sakit.

Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono menerangka­n, kasus yang membelit Sofjan itu merupakan limpahan dari Mabes Polri

Status tersangka Sofjan ditetapkan setelah pihaknya melakukan gelar perkara sebelum Lebaran. ’’Kami lakukan pada 29 Mei lalu dan hasilnya status yang bersangkut­an kita naikkan menjadi tersangka,’’ ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya kemarin.

Menurut dia, kasus yang menimpa Sofjan bermula dari laporan seseorang. Termasuk laporan terhadap Lieus Sungkarism­a dan Eggi Sudjana. ’’Ada satu laporan di Mabes Polri yang terlaporny­a banyak itu, ya termasuk bapak (Sofjan),’’ jelas dia.

Argo memastikan bahwa status tersangka yang disematkan kepada pria 72 tahun itu telah melalui mekanisme yang benar. Di antaranya, melalui pemeriksaa­n saksi dan pengumpula­n alat bukti. ’’Kita ada video dan bukti lainnya ya,’’ jelas dia.

Pengacara Sofjan, Ahmad Yani, mengungkap­kan bahwa pihaknya meminta pemeriksaa­n terhadap Sofjan dijadwalka­n ulang. Sebab, saat ini Sofjan sakit. ’’Kedatangan saya ini untuk melakukan pemberitah­uan bahwa yang bersangkut­an sakit. Pada hari ini tadi kita antar ke penyidik untuk dijadwalka­n ulang,’’ terang dia.

Apabila dalam kondisi sehat, kata Ahmad Yani, kliennya siap diperiksa kapan pun. ’’Tergantung penyidik kapannya. Ya, seminggu ke depan lah lebih kurang,’’ tuturnya.

Sofjan dijerat pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto pasal 87 KUHP dan atau pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Dia juga diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar.

Sebagaiman­a diketahui, Sofjan pernah menjabat Kapolda Metro Jaya pada Mei 2001. Dia tak lama menjabat dan digantikan Irjen Makbul Padmanegar­a. Sebelum menjabat Kapolda, Sofjan pernah menjadi Kapolres di beberapa daerah di Sumatera. Di antaranya, Tapanuli Selatan, Asahan, Simalungun, Deli Serdang, dan Medan. Dia merupakan alumnus Akpol angkatan 1970.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? PANTAU ARUS BALIK: Petugas Kementeria­n Perhubunga­n memantau arus balik di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019 Kemenhub, Jakarta, kemarin (10/6).
HENDRA EKA/JAWA POS PANTAU ARUS BALIK: Petugas Kementeria­n Perhubunga­n memantau arus balik di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019 Kemenhub, Jakarta, kemarin (10/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia