Jawa Pos

GELAR KEDUA RONALDO BERSAMA PORTUGAL

-

PORTO – Cristiano Ronaldo terus bersaing dengan Lionel Messi dalam menorehkan prestasi. Entah di level klub atau timnas. Di level timnas, Messi baru saja pecah telur dengan meraih gelar La Copa San Juan Alienta (7/6). Prestasi itu kemudian dibalas dengan sangat mengesanka­n oleh CR7, inisial nama Ronaldo, yang merebut gelar juara UEFA Nations League Senin dini hari WIB (10/6).

Meski sama-sama juara, CR7 unggul telak atas La Pulga –julukan Messi. Bagaimana tidak, trofi yang dimenangka­n Messi bersama timnas Argentina hanyalah ajang yang diinisiasi Pemerintah Provinsi San Juan dan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA). Jelas kelasnya sangat tidak sebanding dengan Nations League yang langsung berada di bawah kontrol UEFA.

Bahkan, jika dilihat dari bobot lawannya, Messi tak perlu berkeringa­t sebelum mengangkat trofi pertamanya. Sebab, hanya negara berperingk­at ke129 FIFA sekaliber Nikaragua yang menjadi lawan. Terpaut 113 setrip dari peringkat FIFA Belanda sebagai negara yang dipecundan­gi Ronaldo dkk di Estadio Do Dragao, Porto, kemarin. Goncalo Guedes membantu Ronaldo mengangkat trofi bergengsi dengan sebiji golnya pada menit ke-60.

Karena itu, meme-meme lucu yang menyanding­kan Ronaldo dan Messi mengangkat trofi bertebaran di media sosial. Salah satunya diunggah Daily Mail. ’’Trofi perdana dari Messi,’’ tulis Daily Mail. Troll Football bahkan mem-posting foto La Pulga menangis di samping foto Ronaldo.

Tak cuma satu trofi, Ronaldo sudah melebihi Messi dari jumlah trofi di timnas. Ini menjadi trofi kedua Ronaldo bagi Selecao das Quinas, julukan timnas Portugal. Musim panas 2016, CR7 memberikan gelar juara Euro 2016. Sementara itu, pada tahun yang sama, di Copa America Centenario 2016, Messi malah menangisi kegagalann­ya di final melawan Cile.

Yang menyamakan ’’gelar’’ bagi Messi dan trofi juara Ronaldo kali ini adalah samasama didapat di negara sendiri. Bagi Ronaldo, ini seperti penebusan kegagalann­ya saat final Euro 2004. Bertemu Yunani pada final di Da Luz, Lisbon, Ronaldo yang masih berumur 19 tahun kalah 0-1. ’’Memenangin­ya di depan publik sendiri adalah kehormatan terbesar,’’ sebut Ronaldo dalam wawancaran­ya kepada situs resmi UEFA.

’’Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sangat senang menang di sini. Orangorang Portugal layak mendapatka­nnya. Mereka mendukung kami sejak awal di dua laga (melawan Swiss di semifinal dan Belanda di final). Ini trofi bagi mereka. Bukan milik timnas, melainkan untuk seluruh Portugal,’’ tutur Ronaldo.

Menurut dia, kesuksesan di Nations League ini bisa menjadi modal menuju Euro 2020. Sebab, CR7 telah membidik target hat-trick juara dalam empat tahun setelah menjuarai Euro 2016 dan Nations League kemarin.

 ?? PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP ??
PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP
 ?? JUN QIAN/JAWA POS JUN QIAN/JAWA POS ?? SELEBRASI: Para pemain timnas Portugal merayakan gelar juara UEFA Nations League di Estadio Do Dragao, Porto. TROFI KEDUA: Cristiano Ronaldo kembali mempersemb­ahkan gelar juara untuk timnas Portugal.
JUN QIAN/JAWA POS JUN QIAN/JAWA POS SELEBRASI: Para pemain timnas Portugal merayakan gelar juara UEFA Nations League di Estadio Do Dragao, Porto. TROFI KEDUA: Cristiano Ronaldo kembali mempersemb­ahkan gelar juara untuk timnas Portugal.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia