Jawa Pos

Ternyata Hasil Operasi Narkoba di Spanyol

Video tentang polisi yang membongkar penyelundu­pan kokain di dalam batu diambil di Spanyol. Bukan di Indonesia.

-

SEJAK seminggu terakhir, media sosial dihebohkan video temuan narkoba yang diselundup­kan di dalam batu. Video berdurasi sekitar 10 detik itu memperliha­tkan petugas memukul beberapa batu. Tak disangka, di dalamnya ada paket narkoba yang terbungkus rapi.

Akun Facebook Iwan Wahyudi (fb. com/abah.iwan.94) mem-posting video tersebut pada 9 Juni 2019. Dia menambahka­n keterangan bahwa narkoba itu berasal dari Tiongkok dan diselundup­kan ke Indonesia.

’’Jadi ingat penyeludup­an berton2 narkoba di dalam bahan tiang pancang untuk reklamasi beberapa waktu lalu.’’ Begitu penggalan narasi yang di-posting Iwan.

Narasi yang ditulis Iwan jelas ngawur. Sebab, petugas yang memecah batu berisi narkoba itu bukan orang Indonesia. Memanfaatk­an situs padanan gambar, video serupa dapat ditemukan di portal dailyteleg­raph.com.au. Video tersebut melengkapi berita berjudul

Spanish Police Seize Tonne of Cocaine Hidden in Fake Stones. Jadi, petugas yang memecah batu tersebut adalah polisi Spanyol.

Daily Telegraph memberitak­an, pada 4 Juni lalu, polisi Madrid menyita hampir 1 ton kokain yang disembunyi­kan di batu-batu palsu. Anda dapat melihat video yang lebih lengkap di bit.ly/KokainDiMa­drid.

Portal berita asal Irlandia, rte.ie, memberitak­an kasus yang sama. Berita yang terbit pada 4 Juni 2019 itu diberi judul Spanish Police Seize Tonne of Cocaine Hidden in Fake Stones. Di dalamnya disebutkan, polisi Spanyol telah menangkap 11 orang dalam kasus narkoba di dalam batu palsu. Mereka juga mengetahui adanya pertemuan antara penyelundu­p kokain dan pemilik perusahaan bisnis batu. Industri batu tersebut terindikas­i punya kaitan erat dengan kartel narkoba di Amerika Selatan.

Temuan lain, polisi telah melacak pengiriman 12 kontainer batu seberat 188 ribu kilogram dari Ekuador. Rute yang ditempuh kartel itu berawal dari Cartagena de Indias, Kolombia, menuju pelabuhan Barcelona. Selanjutny­a, batubatu tersebut dipindahka­n ke Zaragoza dan akhirnya tiba di gudang industri di Humanes, Madrid.

Dalam operasi pecah batu itu, aparat menemukan 785 paket narkoba. Masing-masing berisi lebih dari 1 kilogram kokain. Anda bisa mengakses berita lengkapnya di bit.ly/KartelAmer­ikaSelatan.

 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia