Jawa Pos

Pede Songsong Copa America

-

PORTO ALEGRE – Brasil punya beban berat pada Copa America 2019. Sebab, status mereka adalah tuan rumah. Sialnya, enam hari lalu bintang nomor satu Brasil, Neymar, malah dihantam cedera pada engkel kaki kanan.

Meski begitu, tanpa Neymar, Brasil setidaknya bisa menunjukka­n punya segudang talenta. Setelah menang 2-0 atas Qatar dalam uji coba internasio­nal (6/6), kemarin (10/6) Brasil berpesta gol 7-0 ke gawang Honduras di Estadio Beira-Rio. Striker Gabriel Jesus mencetak dua gol pada menit ke-6 dan 47. Lima gol lain dikontribu­sikan Thiago Silva (13’), Philippe Coutinho (37’penalti), David Neres (56’), Roberto Firmino (65’), dan Richarliso­n (70’).

Selain alasan kualitas individu Brasil yang berada di atas Honduras, tim Samba unggul jumlah pemain. Sejak menit ke-30, Honduras tampil dengan sepuluh pemain lantaran penyerang mereka, Romell Quioto, diusir dari lapangan oleh wasit Andres Cunha (Uruguay).

Di antara keenam pencetak gol Brasil, winger Neres paling semringah. Mengenakan nomor punggung 7 yang pernah dipakai legenda Brasil seperti Mane Garrincha dan Bebeto, Neres pecah telur gol buat Brasil. ’’Jelas momen mencetak gol ini tak akan terlupakan dalam karir saya. Rasanya membanggak­an mencetak gol di tanah kelahiran saya dan di depan para pendukung Brasil,’’ ucap Neres kepada Redhead Globe kemarin.

Gol debut pemain 22 tahun itu juga ciamik. Mendapat through pass dari bek Filipe Luis di sisi kanan pertahanan Honduras, Neres memenangi adu sprint dari jarak sekitar 50 meter. Neres pun menaklukka­n kiper Honduras Luis Lopez dengan tendangan tidak seberapa keras melalui kaki kirinya.

Di sisi lain, setelah kehilangan Neymar, kondisi gelandang Arthur juga mengkhawat­irkan. Pemain yang membela Barcelona itu diganti pada menit ke-32 setelah ditekel keras oleh pemain Honduras Quioto. Arthur harus diangkut kendaraan medis ketika meninggalk­an lapangan.

 ?? EPA-EFE/SILVIO AVILA ?? BANTAI: Winger Brasil David Neres mencetak gol ke gawang Honduras yang dikawal kiper Luis Lopez di Porto Alegre (9/6).
EPA-EFE/SILVIO AVILA BANTAI: Winger Brasil David Neres mencetak gol ke gawang Honduras yang dikawal kiper Luis Lopez di Porto Alegre (9/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia