Jawa Pos

Perbaiki Mindset, Baru Diet

-

SEBELUM memulai kebiasaan diet atau olahraga, ada satu hal yang menurut trainer Muhammad Haiqal Fajar perlu dibenahi. Yakni, pola pikir. ’’Banyak orang yang cenderung pengin hasilnya cepat kelihatan. Padahal, kondisi tubuh dibentuk kebiasaan lama dan berulang,’’ tegasnya. Prosesnya pun butuh waktu dan penyesuaia­n secara bertahap.

Mindset serbainsta­n itulah yang perlu diberantas. Haiqal menilai, di awal program, dirinya biasa meminta catatan kebiasaan makan dan hasil check-up. Lalu, pola makan dan aktivitas diubah pelan-pelan serta disesuaika­n dengan kondisi tiap individu.

Dalam melatih Molly, misalnya, dia memulai latihan yang amat ringan dan simpel. Fokusnya mengembali­kan fungsi sendi agar nyaman untuk aktivitas harian. ’’Gerakannya mengangkat tangan atau kaki, digerakkan ke kiri-kanan. Tetap diawali peregangan dan distop kalau kelihatan mulai sesak,’’ lanjutnya. Pembiasaan tersebut umumnya berlangsun­g sekitar dua bulan.

Haiqal menyatakan, saat sendi mulai nyaman digerakkan, latihan akan ditingkatk­an. Meliputi penambahan squat, plank, maupun HIIT (high-intensity interval training). Umumnya, dari proses tersebut, seseorang akan menemukan pola latihan yang pas. ’’Setelah itu, masalah mental. Kalau bisa mempertaha­nkan, kembali ke berat tubuh normal bukan hal mustahil,’’ ucap pria yang pernah mengalami obesitas itu.

Dia menambahka­n, penurunan berat badan sebaiknya tidak jadi target tunggal bagi mereka yang obesitas. Ada indikator lain seperti lingkar tubuh, komposisi lemak dan otot tubuh, kenyamanan saat beraktivit­as, hingga kebugaran. ’’Kalau sehari-hari oke, enggak ada masalah, artinya sehat. Timbangan bisa ikut turun tanpa buruburu, kok,’’ tegas Haiqal.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PENGINGAT: Maulina menunjukka­n aplikasi di ponselnya untuk mengetahui kalori yang sudah terpenuhi maupun yang belum.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PENGINGAT: Maulina menunjukka­n aplikasi di ponselnya untuk mengetahui kalori yang sudah terpenuhi maupun yang belum.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia